“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan,”
Jakarta (ANTARA) - Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden dan wakil presiden akan disampaikan kepada KPU RI secara kolektif setelah semua pasangan selesai memeriksakan kesehatannya.

“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan,” kata A. Budi Sulistya di Gedung Medical Check-up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu.

Budi mengatakan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang lebih daluhu melaksanakan tes kesehatan Sabtu (21/10).

Kemudian disusul bakal pasangan calon (bapaslon) capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Minggu (22/10).

“Kemarin pelaksanaan (tes kesehatan Anies-Muhamin) kurang lebih sembilan jam,” kata Budi.

Adapun durasi pemeriksaan kesehatan bapaslon capres dan cawapres ini berlangsung sekitar delapan sampai dengan 10 jam lamanya.

Budi menyebut materi pemeriksaan, tim pemeriksa, alat pemeriksaan, jadwal pemeriksaan persis sama untuk semua bapaslon capres dan cawapres. Melibatkan 50 orang dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya serta psikolog.

“Ada dua orang psikolog yang juga ada di dalam tim ini, jadi ada dari tim dokter RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing koligium keahlian, dan BNN serta himpunan psikologi Indonesia,” kata Budi.

Sedangkan untuk bakal calon presiden Prabowo Subianto yang belum mengumumkan pasangan calon wakil presiden untuk bisa mendaftar ke KPU RI dengan batas waktu sampai tanggal 25 Oktober.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan sesuai urutan bapaslon yang mendaftar di KPU. Pada kesempatan pertama yang mendaftar adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Kamis (19/10) pagi pukul 09.26 WIB dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pukul 12.20 WIB.

Pendaftar pertama Anies-Muhaimin mendapat kesempatan menjalani tes kesehatan pada Sabtu (21/10), dan kesempatan kedua untuk pasangan calon yang mendaftar kedua.

“Hari ini, hari Ahad tanggal 22 Oktober 2023 adalah hari kesempatan yang kedua untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon yang beberapa hari yang lalu, 19 Oktober 2023, hadir pada kesempatan kedua didaftarkan oleh KPU, oleh gabungan parpol, yaitu bakal pasangan calon presiden mas Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden Pak Mahfud MD,” kata Hasyim.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023