“Saya sudah memberikan arahan kepada seluruh jajaran agar solid dan siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024,”
Hulu Sungai Utara, Kalsel (ANTARA) - Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) AKBP Moch Isharyadi Fitriawan meminta jajarannya untuk mengutamakan keselamatan warga saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Saya sudah memberikan arahan kepada seluruh jajaran agar solid dan siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Isharyadi di Hulu Sungai Utara, Kalsel, Minggu.

Isharyadi menuturkan sebagai bentuk komitmen Polri untuk menjamin keamanan Pemilu 2024, dirinya telah memeriksa kesiapan seluruh personel saat pelaksanaan Operasi Mantap Brata Intan 2023/2024. Operasi itu merupakan tahap persiapan menyambut pesta demokrasi yang akan dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

“Bapak Kapolri meminta kita harus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, karena kemajuan bangsa ini di atas segala kepentingan kelompok,” ujarnya pula.

Dia menyebutkan Operasi Mantap Brata 2023/2024 juga didukung Operasi Nusantara Colling System 2023/2024 yang diinisiasi Polri.

Operasi Nusantara Colling System itu sebagai tindakan nyata Polri mengantisipasi segala bentuk polarisasi, isu SARA, propaganda. Operasi tersebut dilengkapi Satgas Anti Money Politics dan Satgas Pemilu Damai.

Dia menekankan jajaran Polres Hulu Sungai Utara mendukung penuh operasi tersebut melalui persiapan yang matang termasuk juga melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai.

Isharyadi menjelaskan melalui deklarasi tersebut, Forum Koordinasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah menandatangani petisi untuk mendeklarasikan Pemilu yang damai, aman, dan mengutamakan keamanan dan ketertiban.

Deklarasi Pemilu Damai juga melibatkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSU, Dandim 1001/HSU-BLG, Ketua KPU HSU dan jajaran, Bawaslu HSU dan jajaran, perwakilan Partai Politik (Parpol), mahasiswa, dan masyarakat setempat.

“Kami siap mengamankan Pemilu 2024 di Hulu Sungai Utara,” kata Isharyadi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023