Jakarta (ANTARA News) - Biasanya, pelantikan pejabat daerah dilakukan di gedung. Tapi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memilih cara beda.

Rabu kemarin, dia melantik Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin di pinggir Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Jokowi memilih tempat di Pantai Pasir Perawan demi memperkenalkan pariwisata di pulau yang letaknya sekitar satu jam perjalanan dari dermaga Marina, Ancol itu.

"Pantai ini sangat penting. Apalagi kalau dikelola dengan baik," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan bahwa gugusan Kepulauan Seribu yang terdiri dari 104 pulau ini bisa berkembang pesat jika pariwisatanya dikembangkan.

Warga Jakarta daratan, lanjut Jokowi,  bisa membantu promosi Kepulauan Seribu. "Bisa ikut, memasarkan pantainya, memasarkan pulaunya.".

Dengan cara tersebut, lanjut Jokowi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan banyak mengeluarkan dana untuk mempromosikan Kepulauan Seribu.

Menurut Jokowi, yang diperlukan untuk mengembangkan Kepulauan Seribu adalah "positioning" Kepulauan Seribu di mata masyarakat.

"Disini semua sudah ada. Dermaga ada, resort ada, guest house ada. Hanya perlu dipasarkan," katanya.

Namun dia tidak menampik bahwa masih ada kekurangan dalam sisi transportasi dari dan menuju pulau. "Itu yang saya minta lihat oleh Bupati baru. Kalau memang kurang, kurangnya berapa," katanya.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013