Saya berharap masyarakat dapat manfaatkan BPVP ini dengan sebaik-baiknya. Ikuti pelatihannya dengan baik. Saya yakin ilmu dan keterampilan yang didapat akan sangat bermanfaat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) untuk meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing dalam pasar kerja.

"Saya berharap masyarakat dapat manfaatkan BPVP ini dengan sebaik-baiknya. Ikuti pelatihannya dengan baik. Saya yakin ilmu dan keterampilan yang didapat akan sangat bermanfaat," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Saat menghadiri acara Jalan Santai dalam rangka menyemarakkan bulan Oktober sebagai bulan vokasi serta memperingati empat tahun BPVP Belitung Mengabdi, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi berharap BPVP Belitung dapat menjadi rumah latih yang memberi inspirasi, menggali potensi, dan menjadi pintu mewujudkan harapan bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Baca juga: Kemnaker: BPVP gandeng kampus percepat pembangunan ketenagakerjaan

"Usia empat tahun BPVP Belitung ini adalah usia yang sangat muda. Namun demikian kami berharap BPVP Belitung menjadi tempat bagi SDM, khususnya yang ada di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, atau juga di tempat lain yang ingin meningkatkan keterampilan, meningkatkan kompetensinya, yang itu sangat diharapkan menjadi modal untuk bisa bersaing dalam pasar kerja yang sangat ketat," tutur Anwar Sanusi.

Anwar yang juga menjabat sebagai Plt. Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Binalavotas) mengatakan Kemnaker terus melakukan pembenahan dalam berbagai sisi, terutama dari sisi infrastruktur, fasilitas pelatihan, tenaga pelatihan, dan metode pelatihan.

Menurutnya, pembenahan dilakukan agar dapat merespons segala tantangan dan tuntutan ketenagakerjaan yang sangat dinamis.

"Kalau kami lambat mengantispasinya, kami khawatir apa yang kami cetak tidak terlalu banyak memberikan manfaat. Jadi sekali lagi kami berharap manfaatkan BPVP ini dengan sebaik-baiknya," ucap Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.

Baca juga: Sekjen Kemenaker paparkan tantangan ketenagakerjaan era kekinian
Baca juga: Kemnaker: Pola pekerjaan berubah, permintaan SDM berbasis digital naik

 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023