Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan pihaknya akan menggandeng platform penyedia jasa dan tiket perjalanan, untuk bekerja sama soal Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pasalnya, pada tanggal 29 Oktober 2023 mendatang, BIJB Kertajati akan beroperasi secara penuh, dan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung dipindahkan seluruhnya untuk pesawat bermesin jet, sementara banyak masyarakat yang belum tersosialisasi.

"Ya kami seminggu ini akan kerja keras untuk memastikan, termasuk juga kerja sama dengan aplikasi-aplikasi supaya kalau boleh ada semacam pemberitahuan khusus bahwa mulai 29 Januari 2023, di Husein Sastranegara sudah dialihkan ke Kertajati," kata Bey di Gedung Sate Bandung, Minggu.

Terlebih juga, kata Bey, saat ini penumpang masih kesusahan dalam memilih penerbangan ke Bandung di tanggal 29 Januari 2023 ke atas, karena hanya dilayani oleh pesawat baling-baling, sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

"Mungkin apakah bisa langsung otomatis dari aplikasi Bandung itu langsung menuju ke Kertajati, karena kan kalau memilih misalnya nih Denpasar-Bandung atau Balikpapan-Bandung itu kan muter-muter dia nyari pesawat yang baling-baling akhirnya jadi lama sekali. Memang betul harus ada kerjasama dan sosialisasi lagi," ucapnya.

Baca juga: Bey Machmudin minta Persib gunakan BIJB untuk pertandingan tandang

Sebagai salah satu langkah sosialisasi, Bey mengatakan pihaknya juga telah menggandeng klub sepak bola Persib Bandung untuk membuka toko merchandise di BIJB Kertajati dan membuat manekin tiga dimensi pemain Persib agar bisa menjadi spot foto para pengguna fasilitas itu.

"Persib sudah komitmen sebagai salah satu cara mensosialisasikan dengan buat toko merchandise, berangkat tandang dari sana dan juga kampanye. Kemudian bikin spot tiga dimensi 11 pemain agar bisa berfoto. Beberapa kementerian juga komit, dan memang tugas kami, mudah-mudahan minggu ini sosialisasi berjalan baik akan kami terus sosialisasikan," tuturnya.

Pada 29 Oktober 2023, seluruh pesawat bermesin jet dari Bandara Husein Sastranegara akan dipindahkan ke BIJB Kertajati seiring dengan kepastian operasional penuhnya fasilitas tersebut.

Pada 29 Oktober 2023, akan ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati yakni penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang, maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

Baca juga: Bey: Mulai 29 Oktober 2023 akan ada acara khusus di BIJB Kertajati

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023