PKS sempat menawarkan Mahfud Md. untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menyatakan bangga terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memilih Mahfud Md. sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

"Saya bangga Ibu Mega memilih orang (Mahfud Md.) yang tidak kaleng-kaleng, orang yang berkelas, mengerti hukum dan undang-undang," kata Aboe Bakar saat memberikan keterangan pers di DPP PKS, Jakarta, Minggu malam.

Aboe Bakar menyebut Mahfud Md. telah memiliki pengalaman dan kinerja yang sudah tidak diragukan lagi di berbagai posisi.

"Beliau mengerti peraturan, apalagi sudah pernah di legislatif (DPR RI), yudikatif, dan eksekutif. Pernah di Mahkamah Konstitusi (MK), Menkopolhukam, tinggal wapres yang belum," ucapnya.

Ia pun tak menampik bahwa PKS sempat menawarkan Mahfud Md. untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan.

"Sudah berkali-kali kami tawarkan, tetapi jawabannya dia belum berani. Ya, 'kan kami saat itu masih ikhtiar, ikhtiar mah siapa saja, itu 'kan cerita lama," ujar Aboe Bakar.

Aboe Bakar menilai sosok Muhaimin Iskandar yang saat ini menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Anies juga tak kalah unggul dengan Mahfud Md.

Menurut dia, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sudah siap bertanding dengan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud, maupun pasangan Prabowo Subianto dan bakal cawapresnya nanti.

"Kami anggap itu positif saja. Mari terdaftar dan mari bersanding dan nanti bertemu untuk bertanding," pungkasnya.

Baca juga: Ganjar-Mahfud ucap selamat bertanding pada Gibran jika jadi bacawapres
Baca juga: Kepala RSPAD: Hasil tes kesehatan bapaslon disampaikan kolektif


Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md. sebagai bacawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini, Rabu, 18 Oktober 2023, saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof. Dr. Mahfud Md.," ujar Megawati di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (18/10).

Pengumuman Mahfud sebagai bakal cawapres tersebut juga dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo, seperti Plt. Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Pewarta: Cahya Sari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023