Penghargaan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Bangkalan agar para santri memiliki semangat untuk belajar dan menghafal Al Quran
Bangkalan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie memberikan penghargaan kepada 1.000 santri penghafal Al Quran pada Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang digelar di Pendopo Agung pemkab setempat, Minggu.

"Penghargaan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Bangkalan agar para santri memiliki semangat untuk belajar dan menghafal Al Quran," katanya.

Baca juga: Pemkab Agam jamin pendidikan anak penghafal Al Quran hingga PT

Penghargaan diberikan kepada santri penghafal Al Quran juz 30 untuk tingkat SD/MI hingga SMP/MTs (madrasah tsanawiyah).

Pj Bupati Bangkalan ini lebih lanjut mengatakan, santri merupakan generasi masa depan penerus pejuang bangsa, sehingga perlu dukungan yang nyata dari semua pihak, termasuk Pemkab Bangkalan," katanya.

Pengetahuan dasar tentang agama yang salah satunya dalam bentuk hafalan Al Quran sangat dibutuhkan, sehingga nilai-nilai qurani bisa tertanam kuat dalam diri generasi masa depan bangsa ini.

"Karena itu, santri sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki dasar ilmu agama yang kuat, yang salah satunya ditandai dengan seberapa banyak menghafal Al Quran," katanya.

Baca juga: Ponpes di Temanggung wajibkan santri khatam Quran tanam pohon

Pemberian penghargaan kepada 1.000 orang santri penghafal Al Quran itu, merupakan sebagian dari berbagai rangkaian kegiatan yang digelar Pemkab Bangkalan dalam memeriahkan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023 kali ini.

Jenis kegiatan lain berupa apel hari santri, serta sejumlah lomba di antaranya, lomba membaca kitab kuning, selawat dan cerdas cermat yang bekerja sama dengan sejumlah pondok pesantren di wilayah itu.

Kegiatan donor darah dan pengobatan massal gratis juga menjadi rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Santri Nasional 2023 kali ini, termasuk aksi bersih-bersih lingkungan sebagai bentuk implementasi dari kaidah 'innadzafatu minal' yang artinya bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.

Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie juga berpesan, agar para santri bisa menjadi penyokong suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: IZI Riau: Sepuluh mahasiswa tahfidz terima beasiswa dari bank syariah

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023