Hangzhou, China (ANTARA) - Pendiri Yayasan Maria Monique Last Wish sekaligus pencipta lagu Natalia Tjahja membagikan inspirasinya saat membuat anthem untuk Komite Paralimpiade Asia (APC) yang dibawakan pertama kali pada upacara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, Minggu (22/10).

Natalia mengungkapkan, inspirasi terbesarnya didorong oleh keinginan untuk meninggalkan warisan di dunia Paralimpiade Asia.

“Saya ingin membuat legacy untuk Asian Paralympic sesuai kehendak Tuhan, tanpa dibayar, bahkan royalty-nya pun saya berikan kepada APC,” kata Natalia kepada ANTARA di Hangzhou, Senin.

Lebih lanjut, Natalia mengaku tidak menyangka bahwa lagu yang ia ciptakan bersama musisi kawakan Indonesia Dwiki Dharmawan tersebut terpilih sebagai lagu yang diputar saat pengibaran bendera APC pada setiap upacara pembukaan Asian Para Games, dimulai dari perhelatannya di edisi keempat ini.

Adapun pada pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, hanya terdapat empat lagu saja yang diputar, yaitu lagu nasional China, lagu yang mengiringi defile atlet Asia, lagu tema Asian Para Games 2022, dan anthem APC yang ia gubah.

“Saya menyaksikan dengan mata saya sendiri bagaimana lagu ini di-launching. Diiringi oleh para juara dunia China membawa bendera Asian Paralympic Committee hingga menaikkan bendera tersebut setinggi bendera negara China dan menjadi lagu untuk membuka Asian Para Games Hangzhou,” jelas Natalia.

Baca juga: Tim Indonesia bawa keragaman budaya Nusantara di defile APG Hangzhou

Wanita yang juga menggubah lagu anthem “The Greatest Love of APSF” untuk ASEAN Para Games 2023 Kamboja itu juga berharap, anthem APC dapat menjaga nilai persatuan dan kedamaian antarnegara Asia di setiap generasi.

“Selain itu, saya berharap agar para atlet merasakan kebahagiaan dan rasa persaudaraan yang tinggi di Asian Para Games ini,” ujar Natalia.

Di sisi lain, Presiden APC Majid Rashed mengatakan senang karena memiliki lagu baru untuk digunakan dalam Asian Para Games.

“Asian Para Games merupakan ajang Para olahraga terbesar di dunia setelah Paralimpiade dan sudah sepatutnya mempunyai lagu tersendiri. Rasanya selalu emosional saat bendera Paralimpiade Asia dikibarkan, dan pada pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, akan lebih emosional lagi saat lagu baru kami dikumandangkan,” kata Rashed dalam laman resmi APC.

Baca juga: Kemilau Hangzhou disajikan di pembukaan Asian Para Games 2022
Baca juga: Riadi Saputra jadi "flag bearer" Indonesia di pembukaan APG Hangzhou


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023