... karena kenyataan bahwa kami hampir tidak pernah bertemu... "
Moskow (Reuters News) - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan istrinya, Lyudmila, mengumumkan di televisi pemerintah, Kamis, mereka telah berpisah dan pernikahan mereka berakhir setelah 20 tahun. Setidaknya untuk saat ini, Rusia tidak memiliki ibu negara.

Ketika ditanya di televisi Rossiya-24 mengenai pergunjingan lama bahwa mereka tidak lagi tinggal bersama, Putin yang berusia 60 tahun menjawab, "Itu benar."

Lyudmila Putin (55) mengatakan, "Itu merupakan keputusan bersama kami. Dan pernikahan kami berakhir karena kenyataan bahwa kami hampir tidak pernah bertemu".

Ketika ditanya apakah mereka telah bercerai, Lyudmila mengatakan itu adalah perceraian beradab.

Namun, tidak satu pun dari pasangan itu yang mempertegas bahwa mereka telah bercerai secara resmi dan juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menyatakan tidak tahu tentang hal itu.

Kedua orang itu terlihat bersama di depan umum terakhir kali pada saat pelantikan Putin untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden pada 7 Mei 2012.

Pasangan itu menikah pada 1983 dan memiliki dua putri, keduanya berusia 20-an tahun. Perceraian yang terjadi pada Putin sangat jarang terjadi: seorang kepala negara bercerai dengan istri sahnya pada saat dia memerintah.

Putin merupakan perwira karir KGB yang sangat piawai dalam bela diri karate; dia pemegang sabuk hitam karate. Sebelum menjadi presiden, Putin adalah perdana menteri negara terkuat Eropa yang kini tengah bangkit itu.

(M014)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013