Mungkin hari Kamis nanti (tol) dari Palembang ke Prabumulih. Hari Kamis kan beliau ke sana. Kamis ini
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Simpang Indralaya- Prabumulih yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) di Sumatera Selatan dalam waktu dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan Presiden Jokowi meresmikan tol tersebut pada Kamis (26/10).

"Mungkin hari Kamis nanti (tol) dari Palembang ke Prabumulih. Hari Kamis kan beliau ke sana. Kamis ini," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer sudah beroperasi tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023.

Jalan tol yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) itu dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim yang memiliki total panjang sekitar 119 kilometer.

Jalan tol tersebut terbagi menjadi dua seksi, yakni seksi 1 Simpang Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 Km dan seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54,5 km.

Jalan tol ini melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi 2 Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 2 TIP (Rest Area) Tipe A.

Secara keseluruhan, jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km per jam dilengkapi dengan 2 simpang susun dan 18 jembatan.

Baca juga: Menteri PUPR: Pemahaman pengelolaan aset negara harus ditingkatkan

Baca juga: Menteri Basuki undang Presiden Tajikistan hadir di World Water Forum

Baca juga: Menteri PUPR: Hasil Dialog tentang Air dukung Indonesia Emas 2045

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023