Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan seluruh kader Partai Gerindra sepakat untuk memenangkan bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024, sesuai dengan hasil Rapimnas Partai Gerindra di Jakarta, Senin.

"Hasil Rapimnas Gerindra, kami sepakat untuk bergerak memenangkan Prabowo-Gibran di Pemilu 2024," kata Sufmi Dasco di Jakarta, Senin.

Dalam rapimnaas tersebut, lanjutnya, seluruh pimpinan daerah Partai Gerindra menyampaikan pandangan mereka.

"Pak Prabowo juga melaporkan hasil pertemuan dengan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM)," tambahnya.

Baca juga: KPU: Duet Prabowo-Gibran sesuai PKPU Nomor 19 Tahun 2023

Menurut Dasco, seluruh kader Partai Gerindra, baik di tingkat provinsi hingga kelurahan atau desa, sepakat untuk bergerak memenangkan Prabowo-Gibran di daerah.

Dalam rapimnas itu juga dibahas soal teknis pendaftaran Prabowo-Gibran sebagai calon peserta Pilpres 2024 ke Kantor KPU RI di Jakarta, Rabu (25/10).

"Ini (Rabu) hari yang dipilih untuk mendaftar sesuai dengan kesepakatan dengan ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju," jelasnya.

Baca juga: Pengamat: Gibran harus tunjukkan kemampuan untuk jawab keraguan publik

KPU RI membuka pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres pada tanggal 19-25 Oktober 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Gerindra: PSI akan deklarasi bergabung dengan KIM pada Selasa

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023