Meminta masyarakat lebih cermat dan jangan mudah percaya terhadap berita hoaks terkait beras sintetis atau plastik tersebut.
Banda Aceh (ANTARA) - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta Perum Bulog untuk memberikan penjelasan terkait dugaan peredaran beras plastik di tengah masyarakat Aceh, meskipun Bulog setempat telah memastikan tidak ada beras tersebut di Aceh.
 
"Kami sudah banyak terima laporan dari masyarakat, bahkan ada yang kirim video langsung. Bulog Perwakilan Aceh harus memberikan penjelasan soal ini," kata Ketua Komisi I DPRA Iskandar Usman Al Farlaky, di Banda Aceh, Senin.
 
Dalam video yang diterimanya, kata Iskandar, masyarakat membandingkan beras yang dipanen dari sawah sendiri dengan beras bantuan Bulog yang disalurkan kepada masyarakat.
 
Video tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan beras yang sudah dimasak dari karung bantuan yang tertulis Bulog, dan saat dilempar membal seperti bola. Sementara beras dari hasil panen warga saat dilempar langsung lengket di lantai.
 
"Kami dapat laporan dari Peureulak, Aceh Timur, kemarin. Kondisi ini memicu keresahan di tengah masyarakat. Apalagi video beredar cepat di lini media. Saya juga sudah sampaikan ke pihak Bulog Langsa terkait masalah ini," ujarnya.
 
Karena itu, Iskandar meminta Bulog Aceh memberikan penjelasan, jika beras yang beredar itu bisa mengancam kesehatan masyarakat, maka wajib ditarik dan diganti dengan yang lain. Kemudian, pihak penyuplai juga harus bertanggung jawab.
 
Selain itu, dirinya juga meminta Bulog untuk menguji laboratorium agar dugaan terkait beras plastik tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
 
"Sebab, saat ini masyarakat sangat membutuhkan beras bantuan yang disalurkan melalui kantor pos, mengingat saat ini sedang dalam momen hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Iskandar.
 
Terkait hal ini, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Aceh Mukhammad Agung Aulia meminta masyarakat lebih cermat dan jangan mudah percaya terhadap berita hoaks terkait beras sintetis atau plastik tersebut.
 
“Beras yang masuk ke Aceh sudah melalui pemeriksaan oleh surveyor independen dan Balai Karantina. Bahkan, sebelum pembongkaran dari kapal, beras tersebut diperiksa terlebih dahulu oleh Balai Karantina. Jadi, beras yang ada di Gudang Bulog saat ini dapat dipastikan dalam kondisi aman,” kata M Agung Aulia.

Pada tahun ini, kata dia lagi, Perum Bulog Kanwil Aceh telah dan akan menerima beras impor asal Thailand dan Vietnam untuk memenuhi kebutuhan pasokan beras di Aceh.
 
Termasuk penyaluran program bantuan pangan dan program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) guna menstabilkan harga pangan di Aceh serta untuk pengendalian inflasi.
 
Dia menegaskan bahwa Perum Bulog juga sudah berkoordinasi dengan Satgas Pangan dan Subdit Ekonomi Dit intelkam Polda Aceh terkait maraknya isu beras plastik tersebut.
 
"Maka kami meminta kepada masyarakat jangan terprovokasi dan tidak ikut menyebarkan isu hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," demikian M Agung Aulia.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023