"Karena itu, saya dan tentu masyarakat Indonesia dan seluruh bangsa ini sangat berduka dan meminta kepada Israel untuk segera menghentikan seluruh proses kekerasan terutama korban sipil Ibu-Ibu, anak-anak dan tempat-tempat pertolongan seperti rumah s
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI sekaligus calon wakil presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengecam serangan Israel secara tidak tidak berkeperimanusiaan pada rakyat Palestina khususnya di Gaza.
 
Terkait hal itu, Parlemen Indonesia mengimbau pemerintah Israel untuk betul-betul menghentikan seluruh bentuk tindakan kekerasan terhadap Palestina.

 "Karena itu, saya dan tentu masyarakat Indonesia dan seluruh bangsa ini sangat berduka dan meminta kepada Israel untuk segera menghentikan seluruh proses kekerasan terutama korban sipil Ibu-Ibu, anak-anak dan tempat-tempat pertolongan seperti rumah sakit dan rumah ibadah,” ujar Gus Imin, sapaan akrabnya, usai menerima Dubes Palestina di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin.
 
Gus Imin juga menyampaikan ucapan duka cita bagi korban serangan Israel di Gaza dan semua yang terdampak konflik Israel-Palestina.

Sebelumnya, Gus Imin pada pertemuan tersebut mengungkapkan pihaknya selaku Wakil Ketua DPR RI juga selalu mengupayakan dukungan baik sebagai Parlemen maupun dalam fungsi legislatif untuk terus mendorong Pemerintah Indonesia memperjuangkan Palestina secara terus-menerus. Mengingat, duka cita rakyat Palestina adalah duka cita rakyat Indonesia.

 "Dukungan Indonesia bagi Palestina adalah dukungan historis sejak kemerdekaan Indonesia dan komitmen tersebut tidak pernah mundur sejengkal pun. Persahabatan dan persaudaraan kedua bangsa tidak pernah putus dan akan terus menguat, terutama ketika Palestina berada di situasi-situasi sulit seperti saat ini," tegasnya.

 Sebagaimana disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, hubungan Indonesia dengan Palestina bukan hanya persahabatan hubungan antar negara.

 "Sudah seperti saudara dan meminta terus menekan dan bersikap tegas terhadap Israel supaya menghentikan semua tindakan kekerasan itu,” tutur Gus Imin.

 Lebih lanjut, Gus Imin meyakini bahwa konflik Israel-Palestina merupakan konflik kemanusiaan.

 "Nah semua usaha sudah dilakukan PBB dengan negara Islam dengan semua diplomasi, maka saya menyampaikan kepada Pak Duta Besar pokoknya bagaimana caranya yang paling pokok adalah perlindungan kemanusiaan menghentikan serangan-serangan Israel ke Palestina," tuturnya.

Gus Imin juga setuju agar Israel menghentikan seluruh tindakan terjadi kekerasan yang mengakibatkan terjadinya isolasi, dihentikan suplai air dan listrik yang membuat beberapa bantuan untuk rumah sakit terhenti dan itu membahayakan dan bisa menjadikan kematian.

 "Karena itu sekali lagi kita berharap Israel segera menghentikan semua tindakan kekerasan," sambungnya menutup wawancara.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023