Jakarta (ANTARA/JACX) – Bakal capres-cawapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), telah menyelesaikan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10).

Sebuah unggahan YouTube berdurasi sembilan menit menarasikan bahwa pada hasil tes kesehatan kemarin, Anies dinyatakan tidak lolos dalam tes kesehatan mental. Dalam video tersebut juga dinarasikan, Anies depresi berat karena gagal mencalonkan diri sebagai bacapres partai NasDem di Pemilu 2024 mendatang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“ANIES G4GAL NYAPRES - T4K LOLOS TEST KESEHATAN - DEPR3SI BERAT !!”

 Namun, benarkah Anies Baswedan tidak lolos tes kesehatan?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Anies gagal tes kesehatan pada 23 Oktober. (Facebook)
Penjelasan:

Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan Anies-Muhaimin telah selesai dilakukan Sabtu (21/10) di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Pemeriksaan tersebut dimulai pukul 07.15 dan selesai pukul 16.07 WIB.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden dan wakil presiden akan disampaikan kepada KPU RI secara kolektif setelah semua pasangan selesai memeriksakan kesehatannya.

“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan,” kata A. Budi Sulistya di Gedung Medical Check-up RSPAD Gatot Soebroto, dilansir dari ANTARA.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai mengenai Anies Baswedan tidaka lolos tes kesehatan.

Klaim: Anies Baswedan tidak lolos tes kesehatan pada 23 Oktober

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi lantik Anies jadi Ketua KPK pada 18 Oktober

Cek fakta: Hoaks! Anies diciduk bareskim terkait dana judi kampanye

Baca juga: Isu Demokrat tolak kedatangan Anies Baswedan ke Aceh fitnah dan hoaks

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023