Jika pembentukan FKPT bisa segera dimulai di beberapa daerah tersebut kami optimistis pada 2024 seluruh kabupaten dan kota sudah terbentuk FKPT
Palembang (ANTARA) - Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sumatera Selatan secara bertahap membentuk forum tersebut di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat sebagai upaya pencegahan berkembangnya paham radikalisme dan aksi terorisme.

"Beberapa daerah yang tahap pertama diajukan ke pusat segera dibentuk FKPT yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Banyuasin, Empat Lawang, Musirawas Utara, serta Kota Lubuklinggau dan Pagaralam," kata Ketua FKPT Sumsel Romi Afriansyah di Palembang, Senin.

Baca juga: BNPT libatkan masyarakat desa deteksi dini radikalisme dan terorisme

Menurut dia, pembentukan FKPT di tingkat kabupaten dan kota merupakan salah satu upaya pencegahan radikalisme dan terorisme secara tepat.

Pembentukan FKPT beberapa daerah yang telah diajukan ke pusat diharapkan segera disetujui sehingga dapat dimulai pada tahun ini.

"Jika pembentukan FKPT bisa segera dimulai di beberapa daerah tersebut kami optimistis pada 2024 seluruh kabupaten dan kota sudah terbentuk FKPT," ujarnya.

Baca juga: Bengkulu perkuat komitmen cegah intoleransi, radikalisme dan terorisme

Dia menjelaskan, salah satu tujuan dibentuk FKPT kabupaten/kota di Sumsel untuk pencegahan redikalisme dan terorisme langsung menyasar di berbagai wilayah.

Beberapa waktu lalu ada kejadian terorisme di Teluk Gelam, Kabupaten OKI yang memerlukan perhatian bersama agar aksi tersebut dapat diantisipasi.

Kejadian terorisme di Teluk Gelam OKI beberapa waktu lalu menjadi bukti kuat bahwa pembentukan FKPT di kabupaten/kota sangat dibutuhkan.

Melalui pembentukan FKPT di daerah diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemkab/pemkot berperan aktif melakukan pencegahan berkembangnya paham radikalisme dan aksi terorisme, kata Romi.

Baca juga: BNPT gelar camping keberagaman di NTT cegah radikalisme di sekolah

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023