Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Sastriadi, mengatakan, KPUD kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah telah berproses menerima logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sudah diterima dan sedang dalam perjalanan dan sebagian lagi sedang produksi," kata dia di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin.

Baca juga: KPUD Kuningan jaga ketat 14.384 bilik suara untuk Pemilu 2024

Ia mengatakan, pengadaan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya atau Logistik Pemilu 2024 dilakukan KPUD Provinsi Kalimantan Tengah dan oleh KPUD kabupaten/kota secara bertahap.

"Sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 14/2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 16/2023," katanya.

Baca juga: KPU Kota Bandung siapkan gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu 2024

Ia mengatakan, pengadaan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya untuk Pemilihan Umum serentak 2024 berupa kotak suara, bilik, tinta dan segel sebagian sudah dan sebagian lainnya sedang produksi.

"Untuk yang sudah, didistribusikan langsung oleh penyedia ke gudang KPU kabupaten/kota masing-masing secara bertahap. Distribusi tidak melalui KPU provinsi," katanya.

Baca juga: Kapolres Kotim: Waspadai kerawanan saat distribusian logistik pemilu

Dia mengatakan, jumlah kebutuhan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya pemilu 2024 menyesuaikan dengan jumlah pemilih, Tempat Pemungutan Suara, desa/kelurahan, di kabupaten/kota di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" ini.

"Bahwa untuk selanjutnya pengadaan logistik akan dilakukan secara bertahap dan menurut waktu yang akan diatur KPU. Pada tahap ini, manajemen pengelolaan logistik harus dilakukan secara benar, tepat waktu, tepat jenis dan tepat jumlah," katanya.

Baca juga: Polda Babel kawal ketat distribusi logistik pemilu di pulau terluar

Pada Pemilu Serentak 2024, pihaknya telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 995.097 laki-laki dan 940.019 perempuan. Mereka akan menggunakan hak pilih di 7.830 tempat pemungutan suara yang tersebar di 14 kabupaten, 136 kecamatan, dan 1.571 kelurahan/desa.
 
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023