Tangerang (ANTARA) - Kebakaran yang terjadi pada Senin malam sekitar pukul 20.45 WIB telah menghanguskan empat unit rumah toko (ruko) di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pewarta ANTARA melaporkan keempat bangunan ruko yang terletak di Kawasan Citra Raya, Desa Cikupa tersebut merupakan tempat penjualan khusus barang mebel atau furniture dan sepeda listrik.

Anggota Pemadam Kebakaran pada BPBD Mako Curug, Kabupaten Tangerang Syaful di Tangerang, Senin mengatakan kebakaran itu diduga adanya konsleting listrik yang mengenai barang-barang furniture di dalam ruko tersebut.

"Ruko yang terbakar itu ada empat unit. Untuk dugaan sementara itu penyebabnya dari konsleting listrik atau arus pendek," jelasnya.

Menurutnya, korban api yang melalap ruko begitu cepat menyebar ke seluruh ruangan, karena bangunan yang terbakar tersebut berisi sejumlah barang yang mudah terbakar.

Kendati demikian, petugas kebakaran pun langsung berupaya memblokade kobaran api agar tidak merambah ke ruko lainnya dan pemukiman warga sekitar.

"Ketika kita mendapat laporan dan sampai di TKP, api sudah membakar seluruh barang. Baru satu jam lebih kita bisa mengendalikannya," ujarnya.

Ia mengungkapkan, kobaran api akhirnya bisa dikendalikan satu jam lebih kemudian atau sekitar pukul 23.15 WIB setelah sebanyak enam unit mobil dan belasan petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

"Kita dalam hal ini mengerahkan enam unit mobil, tiga diantaranya dari Mako Curu, satu Mako Tigaraksa, Balaraja dan Pasar Kemis," tuturnya.

Dia menambahkan, atas terjadinya insiden kebakaran itu tidak ada korban jiwa atau pun luka. Namun, pemilik toko mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

"Untuk korban jiwa nihil, hanya saja pemilik toko alami kerugian kisaran Rp500 juta lebih," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023