Tokyo (ANTARA) - Film Perfect Days karya sutradara kebangsaan Jerman, Wim Wenders, menjadi film pembuka dalam Tokyo International Film Festival (TIFF) 2023 yang digelar mulai 23 Oktober hingga 1 November 2023.

“Dulu saya punya satu mimpi. Saya bermimpi membuat film di Jepang. Saya bermimpi saya akan menempatkan Koji Yakusho sebagai peran utama. Saya bermimpi di film itu juga ada Min Tanaka. Saya bermimpi film itu diproduseri Koji Yanai. Saya bermimpi bisa membawanya ke Cannes Film Festival dan memenangi penghargaan pemeran terbaik. Saya tidak berani bermimpi bahwa itu menjadi perwakilan Jepang di Oscar. Namun, saya benar-benar bermimpi film ini akan menjadi film pembuka di Tokyo International Film Festival, kemudian saya bangun dan inilah film itu,” kata Wenders saat pembukaan TIFF 2023 DI Tokyo, Senin (23/10) malam.

Film yang dibintangi aktor kenamaan Jepang Yakusho Koji itu bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang petugas toilet di Shibuya, Tokyo.

Wenders menampilkan toilet umum di Jepang sebagai suaka kecil perdamaian dan kemuliaan yang menjadi sorotan utama dalam potongan-potongan kehidupan tokoh utama Hirayama selama menjalankan pekerjaan sehari-hari sebagai petugas toilet.

Peran tersebut juga mengantarkan Yakusho Koji memboyong penghargaan aktor terbaik dalam ajang film internasional bergengsi Cannes Film Festival ke-76 tahun ini di Prancis.

Pemeran film berdurasi 124 menit itu hadir dalam rangkaian acara, mulai dari sesi karpet merah hingga pembukaan TIFF 2023

Film itu juga mendapat perhatian Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida yang menyampaikan pujian kepada Wim Wenders lewat konferensi video.

“Sutradara mumpuni dan terkenal Wim Wenders, yang juga penggemar film-film Ozu Yasujiro (sutradara legenda Jepang) akan menjadi presiden juri. Wenders menyutradarai Perfect Days, film yang membawa Yakusho Koji memenangi aktor terbaik dalam Cannes Film Festival Mei lalu dan atas pengetahuannya yang dalam tentang Jepang membuat dirinya cocok memerankan tokoh itu,” ujar Kishida.

Dalam kesempatan sama, Yakusho menilai hal terbaik adalah menonton film tanpa mengetahui apa pun di balik itu.

“Dalam Perfect Days, kita bisa melihat orang-orang yang diberkahi dalam hidup. Ada banyak pemandangan Tokyo dan kita melihat kehidupan di sana. Wim Wenders melihat itu dengan pandangan yang hangat, merekam dengan kameranya seolah itu film dokumenter. Anda akan menemukan hal menarik lainnya. Saya harap Anda menikmati filmnya,” kata Yakusho.

Selain Yakusho Koji, Perfect Days juga dibintangi Tokio Emoto, Arisa Nakano, Sayuri Ishikawa, Yumi Aso, Tomokasu Miura, Min Tanaka serta aktris sekaligus penari Aoi Yamada.

Wim Wenders merupakan sutradara kawakan yang sudah berkarya sejak tahun 1970-an. Beberapa film yang tersohor, di antaranya Paris, Texas (1984), serta Wings of Desire (1987).

Wenders yang juga produser dan penulis itu juga menggarap sejumlah film dokumenter yang inovatif, di antaranya Pina, Buena Vista Social Club dan The Salt of the Earth.

Baca juga: Jepang berpartisipasi lagi dalam pergelaran F8 Makassar
Baca juga: Film Indonesia diputar dalam festival Sayama de Cinema di Jepang
Baca juga: Film dokumenter tradisi berburu paus Lamalera diputar di Tokyo


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023