Jakarta (ANTARA) - Jimin menjadi anggota ketiga grup BTS yang membagikan perjalanan di balik layar dalam pembuatan album solonya di film dokumenter “Jimin’s Production Diary” yang dirilis via akun Weverse Senin kemarin (23/10).

People.com, Senin (23/10) waktu setempat melaporkan Jimin BTS adalah sosok penyanyi yang bersinar di atas panggung, tetapi ia menunjukkan sisi berbeda dalam film dokumenternya ini. “Jimin’s Production Diary” mendokumentasikan pembuatan album solo pertama miliknya, “FACE “, dan memperlihatkan kepada penggemar gambaran mendalam tentang perjalanannya ini.

Jimin adalah anggota ketiga BTS yang merilis film dokumenter tentang pembuatan proyek solonya, yang sebelumnya telah dilakukan dua anggota lainnya (Suga dan J-Hope) saat mempersiapkan diri untuk menyelesaikan tugas wajib militer di Korea Selatan.

Namun, tidak seperti film dokumenter anggota lainnya, yakni “In the Box” karya J-Hope (memperlihatkan J-Hope sebagai penampil utama dalam acara Lollapalooza di Chicago pada tahun 2022) atau “Road to D-Day” karya Suga (memperlihatkan sang rapper dalam perjalanan kreatif keliling dunia yang dipenuhi dengan kolaborasi wajah-wajah terkenal, mulai dari Halsey hingga Steve Aoki), “Jimin’s Production Diary” dinilai memiliki skala yang sangat intim.

Baca juga: Jimin BTS jadi solois K-Pop pertama yang puncaki Billboard Hot 100

Dalam dokumenter Jimin, sebagian besar penceritaan berlangsung hanya di beberapa ruangan, yakni di studio rekaman yang nyaman di kantor pusat label rekamannya Hybe dan apartemen salah satu kolaborator lama BTS, produser Pdogg.

Perspektif yang diperkecil inilah yang membuat “Jimin’s Production Diary” dapat memberi dampak tertentu pada para penggemar karena mengungkapkan sisi yang kurang dikenal dari Jimin. Di film ini, penonton akan melihat seseorang yang mengenakan beanie dan berkeringat alih-alih pakaian panggung yang berkilauan, serta melihat seseorang yang sedang berjuang untuk menceritakan kisahnya sendiri dan menemukan dirinya sebagai penulis lagu.

Tidak hanya itu, dalam dokumenternya Jimin terlihat mondar-mandir tanpa henti di sekitar studio rumah, dapur, dan meja kopi Pdogg saat dirinya dan sejumlah kolaborator produksi sedang mempersiapkan lirik dan potongan lagu untuk albumnya.

Ia juga menunjukkan kemampuannya untuk membuat melodi yang indah tidak hanya melalui suaranya, tetapi juga dengan bantuan gitar akustik dan keyboard-nya. Jimin terlihat sedang tidak sengaja memainkan penggalan lagu yang dimainkannya bersama teman-temannya saat masih kecil, berupa melodi seperti sirkus yang akhirnya menjadi pembuka lagu pertama di albumnya bertajuk "Face-off."

Dokumenter ini dinilai akan sangat emosional bagi penggemar lama BTS yang telah menyaksikan Jimin berjuang untuk pembuatan lagu solo sebelumnya. Keraguan terhadap diri sendiri masih selalu ada di dokumenter ini, begitu pula semangatnya ketika lagu-lagunya menyatu dan tarian bahagia muncul dari dirinya.

Baca juga: Jimin BTS cetak sejarah di tangga lagu Inggris Raya

Saat albumnya dirilis pada Maret 2023, Jimin memiliki lebih banyak alasan untuk merayakannya karena lagu "Like Crazy" miliknya berhasil meraih posisi 1 di tangga lagu “Billboard Hot 100”. Raihan tersebut berhasil menjadikan Jimin sebagai solois Korea Selatan pertama yang menduduki posisi tersebut (anggota BTS lainnya, Jungkook juga berhasil meraih posisi 1 untuk lagu “Seven” yang dirilis Juli 2023).

Dua anggota BTS lainnya, yaitu RM dan Jungkook juga menjadi cameo dalam film tersebut. RM, pemimpin grup dan penulis lirik lagu-lagu BTS terlihat dalam salah satu adegan dokumenter sedang mempertimbangkan emosi Jimin. Jungkook, vokalis utama BTS, juga terlihat sedang menyanyikan sebuah lagu untuk lagu tersembunyi di album, "Dear.ARMY” yang didedikasikan untuk para penggemar mereka.

Kini, ketujuh anggota BTS telah merilis proyek individu masing-masing. Sejak Juni 2022, mereka telah mengumumkan bahwa mereka akan fokus pada proyek solonya serta melanjutkan beberapa aktivitas grup sebelum menjalani tugas wajib militer.

Tiga anggota BTS, yakni Jin, J-Hope, dan Suga saat ini sedang menjalani tugas wajib militer dan anggota yang tersisa telah menyampaikan niat mereka untuk melakukan tugas wajib militer pada akhir tahun ini. Selain itu, Jungkook akan segera merilis album terbaru bertajuk “Golden” pada 3 November 2023.

Baca juga: "Face-off" Jimin BTS dianggap tak layak siar di televisi

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023