Jakarta (ANTARA) - Empat personel grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) yakni pemimpin RM, Jimin, V, dan Jungkook bersiap memulai wajib militer mereka mengikuti jejak tiga rekan mereka yang sudah menjalankan tugas terlebih dulu.

“Kami mengumumkan bahwa RM, Jimin, V, dan Jungkook telah mulai mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi tugas militer mereka,” kata BigHit Music seperti disiarkan Yonhap, Rabu.

Agensi mengatakan akan memberikan kabar terbaru mengenai pendaftaran RM, Jimin, V dan Jungkook.

Baca juga: Hyungwon MONSTA X akan mulai wajib militer November 2023

Di Korea Selatan, semua pria berbadan sehat diharuskan menjalani wajib militer selama sekitar dua tahun.

Keempat personel BTS diizinkan untuk menunda dinas militer mereka hingga akhir tahun saat berusia 30 tahun, berdasarkan undang-undang wajib militer yang direvisi pada tahun 2020.

Jika mereka memilih untuk tidak menunda wajib militer, seperti yang dilakukan Jin, J-Hope, dan Suga, maka keempatnya akan mendaftar wajib militer ketika diberitahu oleh pihak militer.

Baca juga: DAWN umumkan akan jalani wajib militer di bagian layanan publik

Pendaftaran mereka kemungkinan besar akan dilakukan pada akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan.

BTS berharap dapat bersatu kembali sebagai sebuah grup pada tahun 2025, ketika semua personel grup telah menyelesaikan wajib militer mereka.

“Kami meminta kalian untuk terus mendukung dan mencintai RM, Jimin, V dan Jungkook hingga mereka menyelesaikan wajib militer dan kembali dalam keadaan sehat,” demikian kata agensi.

Baca juga: ONF buka babak baru usai rampungkan wajib militer

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023