Jakarta (ANTARA) - Merayakan ulang tahun debut grup BTS yang ke-10 tahun, Kim Namjoon alias RM membagikan pesan menyentuh melalui akun media sosialnya.

Pada 13 Juni waktu Korea Selatan, BTS memperingati 10 tahun debut mereka dan RM mengambil kesempatan itu dengan mengunggah serangkaian foto di akun media sosialnya, demikian laporan dari Soompi, Selasa.

Unggahan tersebut juga menyertakan photobooth strip lama BTS yang pertama kali diunggah pada tahun 2013, foto panggung BTS pada fan meeting pertama mereka pada tahun 2014 dan di konser mereka, serta selfie lucu para anggota.

Untuk memperingati hari jadi grupnya, RM pun menulis surat yang menyentuh. Berikut surat yang ditulis RM untuk grup dan para penggemarnya.

Baca juga: Kim Namjoon alias RM resmi ditunjuk jadi duta MAKRI

Mereka mengatakan sungai dan gunung berubah dalam sepuluh tahun dan itu benar. Ada gelombang baru tanpa akhir yang mencapai ketinggian baru. Ada begitu banyak larut malam yang saya tidak ingat.

Saya sendiri pada usia 20 dan 30 merasa seperti orang yang sama sekali berbeda. Sekarang, diriku di masa lalu terasa lebih asing. Sangat istimewa untuk merasa terpesona oleh kata-kata tertentu.

Untuk kata benda menjadi kata ganti. Agar antipeluru menjadi BTS, agar tentara menjadi [klub penggemar BTS] ARMY..

Ada banyak hujan, angin, dan cinta. Kami telah membangun dunia kami sendiri yang mungkin tidak dapat dipahami oleh orang lain. Terima kasih kepada ARMY dan banyak orang yang telah membantu kami.

Kami memiliki pengalaman yang sangat istimewa yang tidak akan pernah kami alami lagi. Menengok ke belakang, bahkan jika saya sejenak tenggelam dalam kenangan, saya terbiasa mendobrak pintu dan melangkah keluar tanpa istirahat.

Baca juga: RM akan tampil di salah satu lagu album baru Colde "Love Part 2"

Bahkan sekarang, saya masih menebak-nebak bab kedua kami. Aku merasa kita bisa menjadi apa saja. Kekhawatiran dan ambivalensi yang saya miliki pada usia 17 dan 20 tahun masih berlaku sampai sekarang.

Saat saya secara bertahap menjadi dewasa. Saya belajar bahwa di dunia ini, ada banyak hal yang tidak bisa dijelaskan melalui kata-kata dan tulisan. Dan hal-hal yang Anda pikir tidak akan pernah berubah, suatu hari nanti juga akan berubah.

Juga, kelahiran satu 'nama', membutuhkan kekuatan dan cinta dari begitu banyak orang. Saya masih sangat tidak dewasa. Di masa depan juga, saya mungkin akan terus merasa asing, gugup, dan tertekan.

Tapi aku akan tetap maju. Terpisah dan bersama, jauh tapi dekat, aku memiliki kalian semua. Dan saya harap Anda semua memiliki saya.

Anggota, staf, keluarga, dan teman saya! Dan ARMY! Anda telah bekerja sangat keras. Mari kita hidup bersama dengan baik selama 10 tahun ke depan juga. Di dunia yang buruk ini!

Aku mencintaimu.

 

2023. Juni. 12.
Nam Juni

Baca juga: RM BTS solois Korea pertama habiskan 6 pekan di Billboard Artist 100

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023