Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop ONF menjadi yang pertama dengan anggota-anggotanya menjalani wajib militer pada saat bersamaan dan kini telah kembali ke dunia musik setelah hiatus atau rehat selama 1,5 tahun.

“Kami sangat rindu berada di atas panggung dan para penggemar kami selama kami bertugas di militer," kata E-Tion seperti disiarkan The Korea Herald, Kamis (5/10).

Dia dan tim kembali ke dunia musik melalui perilisan mini album ketujuh berjudul "Love Effect" yang berisi lima lagu yakni lagu utama “Love Effect”, kemudian “Be Here Now,” “Dam Dam Di Ram,” “Arrival” dan “Wind Effect.”

“Kami mencurahkan semua emosi yang kami rasakan selama beberapa bulan terakhir ke dalam album baru kami yang berkisar pada satu tema, cinta," tutur E-Tion.

Personel ONF Wyatt mengatakan saat mendengar melodi lagu utama untuk pertama kalinya, dia merasa seperti kembali ke rumah. Wyatt menulis lirik lagu utama tersebut.

Baca juga: Baekhyun EXO & idola K-pop akan kembali usai wajib militer di 2023

Baca juga: ONF bersiap "comeback" lewat album baru


“Kami kembali dengan jenis musik kami, tetapi kalian dapat mendengar bahwa kami telah matang dalam hal musik. Aku rasa kami dapat menunjukkan versi dewasa dari diri kami melalui lagu ini," kata dia.

Sementara itu, personel lainnya U yang berasal dari Jepang dan merupakan satu-satunya berasal dari luar Korea mengenang syuting video musik lagu utama di Sapporo, Jepang, selama empat hari dalam cuaca panas terik.

“Suhunya di atas 36 derajat Celcius. Sulit tapi kami senang karena pemandangan di video musik kami indah, hampir seperti adegan di anime,” tutur U.
 
Baca juga: ONF hingga Suju D&E satukan para penggemar dalam "Stage of K-pop"

ONF sempat menampilkan lagu utama untuk pertama kalinya di atas panggung di depan wartawan pada Rabu (4/10). Tahun ini menandai peringatan enam tahun mereka berkarya di dunia musik K-pop.

“Kami sangat khawatir saat bertugas di militer, orang-orang akan melupakan kami. Namun penggemar kami terus menunjukkan dukungan mereka. Mereka bahkan menulis surat kepada kami dan itu membantu kami bertahan,” kata J-Us.

Pada bulan Oktober tahun lalu, ONF bersatu kembali sebentar selama wajib militer mereka saat tampil di Pameran Budaya Militer Dunia Gyeryong. Kala itu mereka menampilkan lagu populer mereka berjudul “Beautiful Beautiful” dan “Ugly Dance” untuk para penggemar.

“Melalui album baru kami, kami ingin terus dikenal sebagai grup yang mengenalkan musik yang bagus,” ujar E-Tion.

Di sisi lain, pemimpin ONF Hyojin berharap album baru mereka bisa menjangkau lebih banyak orang.

“Kami ingin berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan kami ingin tampil di hadapan para penggemar kami dari berbagai negara. Ini adalah awal babak baru dalam hidup kami sebagai ONF,” demikian harap dia.

Baca juga: ONF siap kembali Oktober mendatang

Baca juga: MK ONF tetap ikut konser RBW Family meski alami cedera

Baca juga: Hyojin ONF siap rilis "single" spesial jelang selesai wamil

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023