Dubai, Uni Emirat Arab, (ANTARA/PRNewswire)- Di Global Mobile Broadband Forum (MBBF) 2023, Yang Chaobin, Board Member & President, ICT Products & Solutions, Huawei, meluncurkan LampSite X, solusi produk digital dalam ruang 5G generasi baru. LampSite X membantu operator telekomunikasi membuka lini bisnis baru dan bergerak menuju digital intelligence.

Yang berkata: "LampSite X pertama kalinya menghadirkan kapabilitas 5.5G terbaik yang memutakhirkan digitalisasi dalam ruang secara komprehensif: Memiliki desain yang paling ringkas, implementasi yang paling mudah, serta konsumsi energi yang paling hemat. Solusi ini mewujudkan pengalaman jaringan 10 Gbps dan menawarkan beragam kapabilitas. Dengan demikian, LampSite X memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan pengalaman dalam ruang yang lebih premium, serta merealisasikan produktivitas digital yang lebih canggih di berbagai industri."


Perkembangan cepat 5G mendorong pertumbuhan pesat arus penggunaan layanan seluler, 80% di antaranya berada di dalam ruang. Di tengah lingkungan dalam ruang yang padat, dipenuhi arus kunjungan manusia, seperti mal, bandara, stasiun kereta, dan stadion, densitas arus penggunaan di hotspot meningkat hingga lebih dari 100 kali lipat dari densitas arus penggunaan rata-rata. Maka, skenario penggunaan tersebut membutuhkan kapabilitas dalam ruang digital yang semakin optimal. Selain itu, sembari beralih menuju teknologi digital, berbagai industri membutuhkan jaringan yang menyediakan kapabilitas baru dan lebih baik, seperti high-precision positioning dan ultra-high uplink, yang mendukung proses produksi, pergudangan, dan logistik berteknologi pintar.

Digitalisasi Dalam Ruang Kini Menjadi Konsensus Industri

Digitalisasi dalam ruang telah menjadi salah satu kapabilitas utama yang membutuhkan peningkatan di era 5G dan 5.5G. Namun, digitalisasi dalam ruang masih menemui beberapa tantangan: Pertama, seluruh pita frekuensi berkembang menuju 5G. Untuk itu, pita frekuensi harus diintegrasikan dan dikoordinasikan agar desain dan implementasinya lebih simpel; kedua, arus penggunaan jaringan di dalam ruang tersebar secara tidak merata sepanjang hari, maka efisiensi energi yang dinamis berdasarkan beban penggunaan jaringan harus tercapai agar operator telekomunikasi mampu menghemat biaya energi; ketiga, setelah berbagai industri bergerak menuju teknologi digital, semakin banyak kapabilitas yang harus dikembangkan agar memenuhi kebutuhan berbagai skenario penggunaan.

LampSite X Menjadi Standar Baru dalam Digitalisasi Dalam Ruang

LampSite X mampu memenuhi beragam kebutuhan digitalisasi dalam ruang. Seri produk ini hadir dalam ukuran kecil, bervolume 1 liter dan berbobot 1 kg, atau produk terkecil dan dan teringan di industri. Hasilnya, implementasi produk berlangsung secara fleksibel dan mudah untuk setiap skenario penggunaan. Satu kotak mendukung seluruh pita frekuensi, seluruh radio access technologies (RATs), dan seluruh wideband sehingga memfasilitasi jaringan mencapai kinerja yang sangat optimal, kapabilitas yang sangat beraneka ragam, serta efisiensi energi yang sangat rendah.

LampSite X bahkan menjadi satu-satunya produk yang menggabungkan mmWave dan sub-6 GHz guna mencapai peak throughput di atas 10 Gbps, serta produk pertama yang menghadirkan konektivitas 5.5G 10 Gbps di dalam ruang. Produk ini menggunakan teknologi unik Huawei, Distributed Massive MIMO, sehingga dapat mewujudkan pengalaman 10 Gbps untuk setiap pengguna di lokasi mana pun, serta merealisasikan pengalaman 10 Gbps untuk berbagai pengguna bagi setiap orang.

Agar kebutuhan konektivitas terpenuhi di beragam industri, LampSite X menyediakan berbagai jenis kapabilitas, termasuk ultra-high uplink 10 Gbps, high-precision positioning hingga level submeter, latensi rendah hingga milidetik, serta IoT. LampSite X juga memanfaatkan solusi unik Huawei, "0 Bit 0 Watt". Dengan demikian, LampSite X memfasilitasi penyesuaian daya listrik berdasarkan layanan, menawarkan fitur super dormancy ketika arus penggunaan jaringan tidak terlalu banyak dengan konsumsi daya listrik kurang dari 1 W, serta fitur on-demand wakeup dalam hitungan beberapa detik. Fitur efisiensi energi yang berlangsung setiap saat ini pun semakin hemat energi. 

LampSite X Memperluas Aplikasi Konsumen dan Industri

LampSite X secara komprehensif memutakhirkan kapabilitas teknologi digital di dalam ruang untuk menyediakan aplikasi 5.5G all-scenario bagi konsumen, serta menghubungkan semakin banyak skenario penggunaan di berbagai industri.

Dalam skenario penggunaan toC, fitur baru LampSite X akan memperbarui pengalaman konsumen dan model bisnis. Misalnya, di kawasan bisnis 10 Gbps di Hong Kong, didukung Hong Kong Telecom, fitur-fitur ini meningkatkan arus penggunaan jaringan di atas 20%, serta menghadirkan model bisnis toB dan toC yang baru. Hal tersebut mendukung transisi operator telekomunikasi, dari menyediakan kapabilitas jaringan hingga menghadirkan layanan terkonvergensi.

Dalam skenario toB, fitur multi-dimensional digital indoor LampSite akan meningkatkan efisiensi bagi pabrik yang sepenuhnya terkoneksi, Misalnya, di pabrik pintar milik Midea, fitur-fitur ini meningkatkan efisiensi dalam banyak proses kerja, mulai dari produksi, inspeksi mutu produk, logistik, dan pergudangan. Bahkan, produk Midea dapat diproduksi hanya dalam tujuh detik, memangkas waktu produksi hingga setengahnya.

Yang berkata, "LampSite X membuka berbagai peluang teknologi digital baru. Kita harus menangkap peluang ini dan menyediakan layanan selain layanan luar ruang, serta memutakhirkan digitalisasi dalam ruang. Dengan cara ini, operator telekomunikasi terbantu ketika mengembangkan beragam aplikasi bisnis dan menyambut era digital baru."

Global Mobile Broadband Forum 2023 dengan tema "Bring 5.5G into Reality" diadakan oleh Huawei bersama mitra-mitra industri, yakni GSMA, GTI, dan SAMENA. Berlangsung pada 10-11 Oktober di Dubai, Uni Emirat Arab, forum tahunan ini mempertemukan operator jaringan seluler, pemimpin industri, dan mitra ekosistem dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi kesuksesan komersialisasi 5G, serta mempercepat penggunaan 5.5G secara komersial. Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.huawei.com/en/events/mbbf2023.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023