Ini yang harus kita dorong terus, mumpung ini masa tanam I mulai November-Desember, kita siapkan semuanya dengan baik
Sukoharjo, Jawa Tengah (ANTARA) - Pelaksana tugas Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi melakukan panen raya dan tanam padi di Desa Kawangwuni Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Selasa dalam rangka mengejar target produksi beras 35 juta ton pada 2024.

Arief mengungkapkan produksi beras tahun 2023 (ASEM) sebesar 30,9 juta ton, turun dibandingkan tahun 2022 sebesar 31,54 juta ton. Oleh karena itu, kata Arief, Kementerian Pertanian menargetkan produksi beras 35 juta ton di tahun 2024, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Jadi saya yakin percaya Insya Allah kalo kita kerjakan pertanian kita dengan benar, angka 35 juta ton tahun depan Insya Allah akan terlaksana," kata Arief ditemui usai melakukan panen raya padi di Sukoharjo, Selasa.

Arief menyebutkan, pihaknya bersama semua pemangku kepentingan terus menggenjot serapan beras petani hingga Desember 2024.

Baca juga: Mentan rangkul Perpadi salurkan beras komersial Bulog jaga kestabilan

Baca juga: Kementan gandeng asosiasi kejar target produksi 35 juta ton beras


"Sesuai arahan Bapak Presiden, Badan Pangan Nasional bersama Perum Bulog terus melakukan langkah intervensi dengan membanjiri Pasar Induk Beras Cipinang dengan stok beras Bulog, sembari terus melaksanakan Gerakan Pangan Murah, penyaluran bantuan pangan beras secara masif, dan optimalisasi penyaluran beras beras SPHP (Stabilisasi Pasokan Harga Pasar) dengan harga Rp10.900 per kilogram," ungkap Arief.

Adapun serapan beras dari petani hingga saat ini sebesar 878.980 dan stok beras di Perum Bulog per 23 Oktober 2023 sebesar 1.501.353 ton (termasuk beras komersial).

"Ini yang harus kita dorong terus, mumpung ini masa tanam I mulai November-Desember, kita siapkan semuanya dengan baik," ujar Arief.

Berdasarkan Kerangka Sampel Area (KSA) BPS amatan Agustus 2023, diproyeksikan luas panen September 790 ribu ha, luas panen Oktober 726 ribu ha, dan luas panen November 528 ribu ha.

Prognosa panen bulan Januari-November 2023 sebesar 9,87 juta ha dengan produksi 29,47 juta ton beras. Adapun besarnya konsumsi beras 28,00 juta ton beras, sehingga terdapat surplus 1,47 juta ton beras.

Baca juga: Plt. Mentan kejar target produksi dengan panen padi genjah 65 hari

Baca juga: Plt Mentan sebut 140 importir kantongi izin impor bawang putih

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023