Poin penting dari rumusan tersebut adalah pentingnya dukungan kebijakan pemerintah pusat dan daerah .....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama organisasi nirlaba internasional Marine Stewardship Council (MSC) mengumpulkan pemasok dan pembeli produk seafood pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 tahun 2023.

Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP)  KKP Erwin Dwiyana saat membuka kegiatan bertajuk "Supplier & Buyer Gathering Produk Seafood Berkelanjutan" di Jakarta Pusat, Selasa, mengungkapkan bahwa sebagai negara maritim dengan sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah, kesadaran terhadap isu keberlanjutan masih menjadi tantangan tersendiri.

Karena itu, kata dia, Harkannas yang diperingati setiap tanggal 21 November menjadi momentum bersama untuk mengingat kembali pentingnya menjaga kelestarian laut sebagai sumber kehidupan.

Baca juga: KKP gelar bakti sosial serentak di 14 lokasi di Indonesia

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari “Roundtable Discussion Seafood Berkelanjutan Indonesia” yang digelar oleh Direktorat Pemasaran PDSPKP KKP bersama MSC pada 9 Juni 2023.

"Poin penting dari rumusan tersebut adalah pentingnya dukungan kebijakan pemerintah pusat dan daerah sekaligus pendampingan promosi dan pemasaran produk seafood berkelanjutan," ungkap Erwin.

Ia berharap, pertemuan ini menjadi wadah yang mempertemukan pemasok produk seafood berkelanjutan dan bersertifikat Chain of Custody MSC dengan buyer lokal, khususnya hotel, restoran, dan katering (horeka) serta ritel domestik.

"Pertemuan bertujuan membuka akses pasar domestik untuk produk seafood berkelanjutan bagi konsumen," tuturnya.

Baca juga: KKP salurkan total 28,5 ton produk ikan pada Bulan Bakti KKP 2023

Sementara itu, Direktur Program MSC Indonesia Hirmen Sofyanto di tempat yang sama mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan memperkuat kapasitas pelaku bisnis perikanan dalam negeri mengenai rencana strategis sistem ketelusuran nasional dan pengalaman industri yang berkelanjutan dalam menerapkan traceability dalam rantai pasoknya.

Kemudian, meningkatkan penyebaran informasi mengenai upaya dan produk perikanan berkelanjutan yang menjadi salah satu upaya dalam pemasaran produk Indonesia, serta mendukung kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dengan menambahkan nilai unsur keberlanjutan perikanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistyo sebagai, lalu perwakilan perusahaan perikanan dalam negeri, Horeka dan Ritel, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, NTB, dan Maluku, perwakilan IPB University, hingga Non Governmental Organization (NGO).

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023