Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua MPR RI, Taufiq Kiemas, merupakan politisi yang mampu memecah kebuntuan politik antara Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kata anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Ali Masykur Musa.

"TK mampu menjadi pemecah karang kebekuan politik, khususnya antara Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena skenarionya, kedua tokoh tersebut sering bertemu meski kelihatan kaku," kata Ali Masykur Musa, Jakarta, Sabtu.

Mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, kalangan Nadhlatul Ulama (NU) juga menghormati sosok TK.

"TK juga dikenal sebagai politisi santun yang menghormati kyai-kyai, khususnya almarhum Gus Dur. Pak TK adalah politisi ulung dan senior yang dihormati di internal PDI-P dan disegani politisi partai lain," kata dia.

Sebagai politisi muda, Ali Masykur banyak mendapat pelajaran berharga. Dirinya juga sering diajak berdiskusi oleh TK. "Bagi saya, yang saat itu sebagai politisi muda sering diajak bicara tentang perkembangan politik. Jadi Pak TK adalah guru politik para politisi muda. Sungguh sulit dicari pembanding politisi ulung seperti Pak TK," kata Ali Masykur Musa.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013