UMi adalah kredit usaha mikro yang diberikan pemerintah pusat dengan seluruh penyalurannya langsung dapat diakses oleh kelompok usaha kecil ..
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan pembiayaan ultra mikro (UMi) yang disalurkan oleh Kementerian Keuangan menjadi sarana untuk menumbuhkan usaha mikro di berbagai daerah.
 
“UMi adalah kredit usaha mikro yang diberikan pemerintah pusat dengan seluruh penyalurannya langsung dapat diakses oleh kelompok usaha kecil di seluruh daerah,” ujar Suahasil Nazara di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan bahwa bantuan pembiayaan ultra mikro tersebut selain bertujuan untuk membantu usaha mikro mengembangkan usahanya, juga berfungsi membantu menumbuhkan usaha-usaha mikro baru di berbagai daerah untuk meningkatkan perekonomian daerah.
 
“Jadi melalui ini (kredit UMi) bisa menciptakan usaha mikro kecil baru, produk baru, dan pertumbuhan ekonomi pun bisa terjadi dengan merata karena semua bisa mengakses permodalan dengan mudah,” katanya.

Baca juga: Sinergi BRI Pegadaian & PNM, Terobosan Pemberdayaan Pelaku Usaha Ultra Mikro dan Mikro
 
Dia menjelaskan penyaluran UMi ini dilakukan melalui berbagai macam sarana seperti Pegadaian, koperasi, dan perbankan.
 
“UMi ini level pinjamannya bahkan bisa Rp10 juta tidak memerlukan agunan terlalu besar, dan dapat dikerjakan secara berkelompok sehingga ibu-ibu bisa berkelompok dan membuat usaha bersama untuk mendapatkan permodalan dari kredit UMi tersebut,” ucapnya.
 
Menurut dia, selain memfasilitasi akses permodalan melalui UMi pihaknya pun terus melakukan pembinaan kepada UMKM  di daerah untuk meningkatkan kapabilitas, hingga memfasilitasi untuk ekspor.
 
“Kami juga membantu dari segi memberi pelatihan, pengetahuan sampai memfasilitasi ekspor sehingga UMKM di daerah salah satunya di Provinsi Lampung ini produknya dapat dikenal secara global,” tambahnya.

Baca juga: Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian dan PNM Ajak UMKM Bersatu Tumbuh Bersama Untuk Naik Kelas
 
Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung realisasi penyaluran UMi sampai dengan Juni 2023 telah mencapai Rp167,82 miliar yang disalurkan kepada 37.531 debitur

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023