Sentani (ANTARA) - Pemuda adat Tabi di Kabupaten Jayapura, Papua mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan perhatian khusus bagi pelaku ekonomi kreatif masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Tokoh pemuda adat Tabi Aris Kreuta saat dihubungi dari Jayapura, Selasa mengatakan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) perlu sekali diperingati.

“Makna peringatan tersebut bagi Kabupaten Jayapura adalah bagaimana pemerintah daerah lebih banyak memfasilitasi serta membantu ekonomi rakyat,” katanya.

Menurut Aris, selain itu pemda juga harus tekun untuk membina para pelaku ekonomi secara kontinu..

“Mental pengusaha ekonomi kreatif perlu untuk terus dibina seperti contoh ekonomi kreatif yang lagi dikembangkan yaitu kopi robusta grime yang perlu mendapat perhatian penuh,” ujarnya.

Aris menjelaskan di Hekrafnas Nasional ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura wajib fokus ke pengusaha di bidang ekonomi.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Jayapura lebih mengutamakan membina pengusaha yang lebih fokus di bidang ekonomi kreatif khususnya yang digeluti anak muda,” katanya.

Dia menambahkan pelaku ekonomi kreatif saat ini lebih banyak ditekuni anak-anak muda sehingga pemerintah daerah wajib untuk memberikan dukungan.

Hekrafnas ditetapkan pada 2022 guna mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia serta dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan.


Baca juga: Hekrafnas bisa jadi ruang kolaborasi bangun ekosistem ekraf





 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023