Serang (ANTARA) - Gabungan Asosiasi Pengusaha Banten yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) DPD Banten, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Serang, Bursa Efek Indonesia (BEI), serta Asosiasi Pengusaha Jasa Boga (APJI) DPD Banten berkolaborasi menggelar Industri Fair 2023.
 
Ketua Panitia Pelaksana Tb Agus Maftuhi, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan, kegiatan Industri Fair ini dengan tema rekonsiliasi peran industri dalam peningkatan penjualan produk ekspor.
 
"Kegiatan ini dalam rangka untuk memajukan sektor investasi dan meningkatkan kapasitas produksi melalui peningkatan penjualan produk industri," katanya.
 
Kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 1-5 November 2023 di Lapangan Kawasan Industri Modern Land, Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
 
Ia mengatakan, industri Fair 2023 bertujuan untuk mendorong peningkatan hubungan industri yang saling menguntungkan melalui serangkaian acara, termasuk pameran produk industri, gala dinner, talkshow ekspor-impor, job fair, lomba-lomba menarik, serta jalan sehat berhadiah dan hiburan artis di akhir acara.
 
"Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif pada pertumbuhan pemasaran produk industri, baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.
 
Peserta yang diundang mencakup unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, para Kedutaan Besar Negara sahabat, pengusaha eksportir, agency ekspor-impor, dan masyarakat umum.
 
Ia mengatakan, seluruh perusahaan atau industri se-Provinsi Banten dan sekitarnya diundang untuk berpartisipasi dalam Industri Fair 2023, dengan kesempatan untuk menampilkan produk mereka dalam pameran dan mengikuti rangkaian kegiatan yang disediakan oleh panitia.
 
"Ini juga menjadi kesempatan bagi peserta untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang hadir, baik dalam hal peningkatan penjualan produk maupun permodalan usaha," katanya.
 
Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) DPD Banten, Dani Saimun, menyambut baik acara Industri Fair 2023 ini dan berharap acara ini dapat memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan investasi dan produktivitas industri di Banten.
 
"Meskipun merupakan acara baru dan perdana di Provinsi Banten, Industri Fair 2023 diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam mempertahankan investasi dan eksistensi industri di wilayah tersebut," katanya.
 
Industri Fair 2023 juga mencerminkan dukungan kepada UMKM lokal Banten dan Indonesia mendeklarasikan semangat cintai produk Indonesia. Dengan demikian, acara ini bukan hanya menjadi ajang bisnis tetapi juga semangat untuk mendukung dan mempromosikan produk-produk lokal yang berkualitas.
 
"Diharapkan Industri Fair 2023 akan menjadi sebuah tonggak penting dalam memajukan industri di Banten dan meningkatkan ekspor produk-produk unggulan," katanya.

Baca juga: Kemenperin: Ekspor perhiasan Indonesia nomor 17 di dunia

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023