Membuahkan dukungan sepenuhnya dari pemegang saham dan pemegang obligasi terhadap langkah tersebut.
Jakarta (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), sebagai BUMN Karya, mengungkapkan Rapat Umum Pemegang Obligasi mendukung sepenuhnya langkah restrukturisasi.

"Sejalan dengan langkah restrukturisasi, Perseroan menggelar serangkaian pertemuan dengan para pemangku kepentingan. Adapun pertemuan berupa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) atas Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap I Tahun 2020 WIKA telah membuahkan dukungan sepenuhnya dari pemegang saham dan pemegang obligasi terhadap langkah tersebut," kata Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya, di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, langkah restrukturisasi ini diambil di tengah kondisi Perseroan yang menantang dimana Perseroan memiliki iktikad yang baik untuk memenuhi semua kewajibannya kepada seluruh pemangku kepentingan.

"Komunikasi juga terus dijalin dengan lembaga keuangan dan perbankan yang hingga saat ini tetap menunjukkan dukungan dan semangat yang sama," katanya.

Adapun belum tercapainya kesepakatan dalam Rapat Umum Pemegang Sukuk Mudharabah (RUPSU) PUB I Tahap I Tahun 2020 WIKA yang digelar Jumat, 20 Oktober 2023 antara Perseroan dan Pemegang Sukuk, disebabkan karena masih diperlukannya penyesuaian atas kesepakatan sebagai titik tengah antara langkah WIKA dan aspirasi Pemegang Sukuk.

"Sebagai bentuk tindak lanjut, WIKA berencana untuk menggelar kembali RUPSU tersebut," kata Mahendra.

Untuk itu, Perseroan juga berusaha untuk menyeimbangkan aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan termasuk kreditur, obligor, mitra kerja dan pemegang saham. Atas hal ini, Perseroan membutuhkan waktu dan dukungan guna memenuhi upaya tersebut.

WIKA berharap untuk mendapatkan dukungan dari pemegang sukuk seperti halnya pemegang obligasi, kreditur dan para pemegang saham, sehingga stream penyehatan yang telah dirumuskan Perseroan dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak yang optimal demi keberlanjutan usaha dan kemanfaatan yang luas bagi pemangku kepentingan dan masyarakat.
Baca juga: Restrukturisasi WIKA disetujui di RUPSLB untuk tumbuh berkelanjutan
Baca juga: RUPSLB WIKA Setujui Langkah Restrukturisasi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023