Dari tiga bakal capres yang berkompetisi, ada satu pasangan bakal capres dan bakal cawapres yang dijadwalkan mendaftarkan diri mereka ke KPU pada Rabu, yaitu pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersiap-siap menyambut hari terakhir pendaftaran pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu

Pewarta ANTARA melaporkan dari tiga bakal capres yang berkompetisi, ada satu pasangan bakal capres dan bakal cawapres yang dijadwalkan mendaftarkan diri mereka ke KPU pada Rabu, yaitu pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Adapun dua pasangan bakal capres-cawapres yang sudah lebih dulu mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Kedua pasangan ini mendaftar ke KPU RI pada Kamis (19/10).

Kedua bakal pasangan capres-cawapres itu juga sudah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10).

Baca juga: Polda Metro kerahkan 4.325 personel kawal pendaftaran Prabowo-Gibran

Di halaman depan kantor KPU, tampak massa sudah berada di Jalan Imam Bonjol. Berdasarkan pantauan ANTARA pada 08.56 WIB, massa pendukung Prabowo-Gibran belum terlalu memadati jalanan.

Meski begitu, polisi dan petugas keamanan setempat membatasi orang-orang yang masuk ke dalam. Tepat di depan gerbang utama Kantor KPU, massa yang ingin masuk wajib menunjukkan kartu ID khusus.

Kemudian, tepat di depan gerbang di bagian dalam Kantor KPU, tamu undangan yang datang wajib menjalani pemeriksaan tubuh (body checking), sementara barang-barang yang dibawa harus diperiksa melalui alat pendeteksi x-ray.

Pasangan Prabowo dan Gibran dijadwalkan mendaftar ke KPU sekitar pukul 10.00 WIB. Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu direncanakan bertemu terlebih dahulu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada pukul 07:30 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 08:00 WIB, Prabowo-Gibran bersama para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) berangkat menuju Hall Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK). Di sana, mereka akan menyapa para relawan.

Rombongan Prabowo-Gibran, partai koalisi, dan relawan kemudian berangkat menuju Taman Suropati pada pukul 09:00 WIB.

Baca juga: Pendukung Prabowo-Gibran mulai padati jalan depan Kantor KPU RI

30 menit setelahnya, rombongan dijadwalkan bergerak menuju Kantor KPU RI diiringi parade atau kirab budaya. Tepat pada pukul 10:00 WIB, Prabowo-Gibran dijadwalkan masuk Kantor KPU RI untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Di halaman dalam Kantor KPU RI, penyelenggara membangun panggung dan tribun yang diperuntukkan untuk pasangan bakal capres-bakal cawapres menyampaikan pidato/sambutannya. Di lokasi itu juga, jumpa pers selepas pendaftaran dijadwalkan berlangsung.

Sementara itu, area pendaftaran secara resmi/administratif ditempatkan di Lantai 2 Kantor KPU RI. Massa yang diperbolehkan di lokasi itu juga dibatasi. Untuk media, hanya pewarta foto dan juru kamera TV yang diperkenankan meliput di lokasi tersebut.

KPU RI telah menetapkan masa pendaftaran pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pemilu 2024 mulai 19 hingga 25 Oktober 2023.

Tahap berikutnya, 13 November 2023, KPU menetapkan pasangan calon presiden/wakil presiden sebagai peserta Pemilu 2024. Keesokan harinya, 14 November 2023, KPU mengundi dan menetapkan nomor urut pasangan calon.

Masa kampanye dijadwalkan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sehari kemudian mulai masa tenang, 11 hingga 13 Februari 2024, lalu pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo-Gibran daftar ke KPU hari ini diawali sapa relawan di GBK

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023