Jakarta (ANTARA) - Kepolisian melakukan pengalihan arus lalu lintas ketika rombongan pasangan bakal capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melintas menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu.
 
Pada pukul 10.42 WIB, polisi melakukan penutupan di perempatan Jalan HOS 
Cokroaminoto dan Jalan Imam Bonjol yang merupakan kawasan sekitar KPU. Sebelumnya, kawasan tersebut dibuka untuk kendaraan umum dan dalam situasi ramai lancar.
 
Namun ada kepadatan arus lalu lintas di sekitar Jalan HOS Cokroaminoto dari arah Rasuna Said lantaran dialihkan melewati Jalan Purwerejo.
 
Penutupan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya pendukung dan relawan yang datang bersama Prabowo-Gibran dari Taman Suropati.
 
Kirab kedatangan Prabowo-Gibran dimulai pada pukul 11.12 WIB. Sekitar lima menit kemudian, keduanya datang menaiki bak mobil terbuka yang sudah dihiasi dengan janur kuning.

Baca juga: Polda Metro kerahkan 4.325 personel kawal pendaftaran Prabowo-Gibran
 
Di belakangnya terdapat kendaraan beberapa anggota parpol, di antaranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono, Yusril Ihza Mahendra serta Fahri Hamzah.
 
Hingga pukul 11.45 WIB, lajur jalan di perempatan Jalan Imam Bonjol dan Jalan HOS Cokroaminoto di sekitar KPU masih ditutup. Bis pendukung Prabowo-Gibran
​​​​​​​berhenti di tengah perempatan tak jauh dari Gedung KPU.
 
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengumumkan adanya rekayasa lalu lintas selama pendaftaran capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di sekitar kawasan Gedung KPU RI.
 
Rekayasa lalu lintas dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga acara selesai. Polisi juga menyiapkan 100 personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) untuk berjaga selama rekayasa diterapkan.
 
Baca juga: Prabowo sempat ke Cikeas Rabu pagi sowan ke SBY

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas yang diterapkan Polda Metro Jaya di sekitar Gedung KPU RI:
 
1. Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan
2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI
3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan HOS Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro
4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto.
 
 
 
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023