Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani berharap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo, mampu menjaga komitmen netralitas TNI AD pada Pemilu Serentak 2024.

Christina pun mengucapkan selamat atas pelantikan Agus Subiyanto sebagai kasad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang akan purnabakti pada tanggal 19 November 2023.

"Kami ucapkan selamat atas pelantikan Letjen Agus sebagai kasad yang baru. Tentu saja, karena pergantian ini di tengah masa-masa jelang pemilu, kami harapkan agar komitmen netralitas TNI, khususnya Angkatan Darat, betul-betul dijaga," kata Christina dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden tunjuk Letjen Agus Subiyanto sebagai KASAD

Menurut dia, isu netralitas TNI kian menjadi sorotan karena banyak purnawirawan TNI memegang posisi strategis dalam tim sukses para bakal calon presiden (capres).

"Rasanya, isu ini akan jadi sorotan. Maka, kami dorong agar tetap pegang teguh komitmen sumpah prajurit. Jangan tergoda dengan intrik politik kekuasaan. TNI harus dijaga netralitasnya, tetap memegang teguh politik negara, bukan politik kekuasaan," tegas Christina.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar Agus mampu menyelesaikan tugas-tugas yang selama ini menjadi sorotan masyarakat, terutama terkait pembinaan prajurit di tengah banyaknya prajurit TNI AD terlibat masalah hukum.

Baca juga: Mengenal Jenderal Agus Subiyanto, Kasad baru pengganti Dudung

"Semoga tidak ada lagi prajurit yang terlibat kriminal, baik di internal maupun dengan masyarakat sipil. Sambil kami apresiasi juga bahwa penindakan selama ini juga sudah tegas dan transparan," tutur Christina.

Dia pun meyakini Agus Subiyanto, dengan bekal pengalaman yang dimiliki, mampu membawa institusi TNI AD lebih baik lagi ke depannya.

"Karir beliau sudah menunjukkan kematangan kepemimpinan. Itu tidak perlu kami ragukan lagi. Saya doakan semoga Pak Agus sukses dalam menjalankan amanah yang baru ini," ujar Christina.

Baca juga: Kasad Agus sebut perlu konsep kolaborasi tangani Papua

Agus Subiyanto dilantik sebagai kasad oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, menggantikan Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dan meniti kariernya sebagai seorang perwira pertama di lingkungan Korps Baret Merah (Kopassus). Agus pernah mendampingi Dudung sebagai wakil kasad sejak tahun 2022.

Agus juga pernah bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta (2009-2011) dan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) periode 2020-2021. Agus merupakan salah satu perwira TNI yang berada di lingkaran dekat Jokowi sejak menjabat sebagai wali kota Surakarta.

Baca juga: Presiden perintahkan Kasad jaga situasi kondusif selama Pemilu

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023