Jiuquan (ANTARA) - China mampu dan siap mengundang astronaut asing untuk berpartisipasi dalam misi-misi penerbangan stasiun luar angkasa China, demikian diumumkan oleh seorang pejabat senior dari Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (25/10).

"Kami mengundang dunia serta menyambut semua negara dan kawasan yang berkomitmen terhadap penggunaan luar angkasa secara damai untuk bekerja sama dengan kami dan berpartisipasi dalam misi-misi stasiun luar angkasa China," kata Wakil Direktur CMSA Lin Xiqiang.

Lin pun berjanji akan melibatkan astronaut asing dalam misi pendaratan di bulan begitu persyaratan yang diperlukan terpenuhi.

China berencana mewujudkan pendaratan berawak di bulan pada 2030 nanti.

"Kami dengan teguh memajukan penelitian dan pengembangan kami guna memastikan target tersebut tercapai sesuai jadwal," tutur Lin.

Lin menegaskan kembali bahwa teknologi luar angkasa berawak China digunakan khusus untuk tujuan damai dan negara itu tidak akan mengejar hegemoni di luar angkasa.

"Kami bersedia untuk terus melakukan kerja sama dan pertukaran internasional atas dasar penggunaan secara damai, kesetaraan, saling menguntungkan, dan pembangunan bersama," ujar Lin.

Kerja sama tersebut mencakup penerbangan gabungan astronaut, pengembangan dan eksperimen muatan (payload) aplikasi luar angkasa, tata kelola lingkungan luar angkasa, serta pendidikan ilmu kedirgantaraan bagi generasi muda.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023