Jiuquan (ANTARA) - Para astronaut Shenzhou-17 akan melakukan berbagai uji coba dan eksperimen sains dan penerapan muatan antariksa di orbit, seperti diumumkan seorang pejabat senior dari Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (25/10).

Mereka akan menjalankan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity), memasang muatan di luar wahana antariksa, dan melakukan pemeliharaan stasiun luar angkasa serta tugas-tugas lainnya, kata Wakil Direktur CMSA Lin Xiqiang.

Lin menambahkan, para astronaut Shenzhou-17 akan melakukan pemeliharaan eksperimental extravehicular untuk kali pertama, suatu tugas yang sangat menantang.

Para astronaut itu juga akan terus menilai fungsi dan kinerja stasiun luar angkasa serta menguji koordinasi dan kompatibilitas pusat dukungan darat di Bumi dalam melakukan tugas operasi dan manajemen stasiun luar angkasa, guna lebih meningkatkan efisiensi pengoperasian dan kemampuan koreksi kesalahan stasiun luar angkasa, ujarnya.

Pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-17 dijadwalkan akan diluncurkan pada Kamis (26/10) pukul 11.14 Waktu Beijing (10.14 WIB) dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut.

Para kru Shenzhou-17 yang terdiri dari Tang Hongbo, Tang Shengjie, dan Jiang Xinlin akan menggantikan kru Shenzhou-16 yang sedang mengorbit, dan akan menghabiskan waktu sekitar enam bulan di stasiun luar angkasa itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023