...dan sekarang kami mempermudah hal ini melalui Tinder Makcomblang
Jakarta (ANTARA) - Aplikasi kencan daring, Tinder, menghadirkan fitur baru bernama "Tinder Makcomblang" atau dikenal juga dengan fitur "Tinder Matchmaker" yang membuat upaya pencarian jodoh menjadi lebih mudah dan menyenangkan secara daring.

Fitur ini memungkinkan teman atau keluarga yang juga memiliki akun Tinder bisa merekomendasikan profil kepada pengguna seperti layaknya saat merekomendasikan calon jodoh secara langsung di dunia nyata.

“Selama bertahun-tahun, para lajang telah bertanya kepada teman-temannya mengenai sosok yang mereka temui di Tinder, dan sekarang kami mempermudah hal ini melalui Tinder Makcomblang,” ungkap Chief Marketing Officer di Tinder Melissa Hobley dalam siaran persnya, Rabu.

Baca juga: Tren cari pasangan lewat aplikasi digital meningkat

Berdasarkan survei Tinder bersama perusahaan riset OnePoll pada pertengahan 2023 didapati fakta bahwa 75 persen anak muda yang lajang mengaku sering curhat kepada teman-temannya tentang kehidupan percintaan beberapa kali dalam sebulan.

Fitur ini memberikan pengguna kesempatan atas calon jodoh yang disetujui oleh teman-temannya, namun sama halnya di kehidupan nyata, hanya pengguna tersebut yang akhirnya memutuskan siapa yang akan dipilihnya.

Di Indonesia, fitur ini juga hadir karena melihat survei Tinder khusus wilayah Asia Tenggara, khususnya generasi Z, memang terbiasa meminta rekomendasi dari sahabatnya untuk melakukan "swipe" di aplikasi kencannya.

Sebanyak 45 persen dari para lajang di Indonesia mengaku pernah mengecek aplikasi kencan daringnya bersama sang sahabat, dan sebanyak 35 persen mengaku menunjukkan profil orang yang dianggapnya menarik dari aplikasi kencan daring kepada sahabatnya.

Baca juga: Tinder tambahkan fitur kencan buta

Fitur "Tinder Makcomblang" bisa dilakukan langsung dari kumpulan profil, atau lewat pengaturan aplikasi. Pengguna dapat membagikan tautan unik mereka hingga ke 15 teman dalam periode 24 jam.

Ketika mengklik tautan, mak comblang dapat masuk ke Tinder atau masuk sebagai tamu setelah menyelesaikan permintaan verifikasi usia dan menyetujui syarat-syarat Tinder seperti yang dijelaskan di layar ponselnya. Makcomblang memiliki waktu 24 jam untuk menjadi merekomendasikan profil sebelum sesi berakhir.

Setelah sesi berakhir, pengguna Tinder akan memiliki kesempatan untuk meninjau profil yang disukai oleh mak comblang mereka.

Profil yang mendapatkan "Like" dari mak comblang akan ditandai sebagai "rekomendasi" (profil yang mendapatkan "Tidak" tidak akan berubah).

Pengguna Tinder tetap memegang keputusan akhir atas siapa yang disukainya namun setelah menggunakan fitur "Tinder Makcomblang" sekarang pengguna tahu siapa yang disetujui oleh teman-temannya.

Baca juga: Roblox ingin jadi aplikasi kencan hingga berdagang barang fisik

Baca juga: Kiat sukses cari jodoh di Hari Valentine lewat aplikasi

Baca juga: Tujuh kesalahan saat berkencan yang harus dihindari

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023