Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan PLN melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada pekan depan.

"PLN juga berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan IKN Nusantara yang mana pada pekan depan dalam groundbreaking selanjutnya di Bulan November, PLN melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebesar 50 MW sebagai awal dari IKN ini," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono di Jakarta, Rabu.

Agung menambahkan, dengan demikian pasokan listrik untuk IKN Nusantara bersumber dari energi baru terbarukan.

"Jadi listrik untuk IKN Nusantara berasal dari energi baru terbarukan," katanya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Rencana Induk IKN menyatakan bahwa 100 persen kebutuhan listrik tahunan IKN dipasok oleh pembangkit listrik terbarukan, antara lain, pembangkit listrik tenaga (PLT) surya atau solar farm dan PLT surya atap (panel surya atap).

Selama periode puncak, energi surya yang berlebih akan disimpan dan diekspor ke sistem ketenagalistrikan Kalimantan. Solusi penyimpanan energi yang dapat dipertimbangkan di antaranya baterai dan hidrogen.

Dikarenakan sistem ketenagalistrikan IKN terdiri atas berbagai sumber listrik, seperti pembangkit solar farm, panel surya atap, panel surya penerangan jalan, dan panel surya terapung, maka kemampuan jaringan untuk mendistribusikan pasokan listrik dari pembangkit tersebar diperlukan integrasi dalam pemenuhan kebutuhan listrik pada setiap waktu.

IKN mengaplikasikan smart grid, yaitu sistem jaringan yang memungkinkan aliran listrik dan data dua arah dengan teknologi komunikasi digital untuk mendeteksi, bereaksi, dan secara proaktif beradaptasi dengan perubahan penggunaan.

IKN Nusantara dibangun sebagai sebuah kota yang mengelola sumber daya secara tepat guna dan memberikan layanan efektif melalui penggunaan air dan sumber daya energi yang efisien, pengolahan limbah berkelanjutan, moda transportasi terpadu, lingkungan yang sehat, serta lingkungan alami dan lingkungan terbangun yang sinergis.

Pembangunan IKN dilakukan dengan konsep kota hutan atau forest city guna memastikan ketahanan lingkungan dengan sekurang-kurangnya 50 persen kawasan hijau.

Baca juga: OIKN sebut pentingnya partisipasi negara Islam dalam pembangunan IKN
Baca juga: OIKN: Nusantara merupakan inovasi IKN menuju peradaban baru
Baca juga: Tony Blair sebut IKN jadi simbol perubahan bagi dunia

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023