Kegiatan Pitching Day Pahlawan Digital tahun 2023 yang dilaksanakan untuk bisa merangsang anak muda untuk menjadi lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan kreasi baru dalam mendukung digitalisasi UMKM digital
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) menggelar kegiatan "Pitching Day Pahlawan Digital UMKM 2023" untuk mencari inovator digital yang berkomitmen membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas.

"Kegiatan Pitching Day Pahlawan Digital tahun 2023 yang dilaksanakan untuk bisa merangsang anak muda untuk menjadi lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan kreasi baru dalam mendukung digitalisasi UMKM digital," kata Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah di Gedung KemenKopUKM, Jakarta pada Rabu.

Siti menjelaskan "Pitching Day Pahlawan Digital UMKM 2023" akan memilih strategi usaha dari 30 start up yang telah dikurasi dari total 357 peserta terdaftar. Adapun rangkaian kegiatan Pitching Day Pahlawan Digital UMKM 2023 dimulai di Jakarta, yaitu di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM pada Rabu.

Siti menyebutkan kegiatan tersebut juga akan digelar di Universitas Negeri Sebelas Maret Tower, Solo, Jawa Tengah pada 27 Oktober 2023 dan di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat pada 2 November 2023.

"Jadi yang kita harapkan dalam Pitching Day ini kita juga akan lihat nanti bagaimana mereka, para start up ini, menyampaikan business plan (rencana bisnis) mereka. Kemudian bagaimana mereka bisa mengembangkan bisnisnya dan bagaimana mereka bisa mengembangkan atau membantu para UMKM naik kelas," ujar Siti.

Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung mengatakan penyelenggaraan ajang Pahlawan Digital UMKM 2023 semakin inklusif karena dapat diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sekitar 70 persen peserta berasal dari luar Jabodetabek dan 30 persen start up partisipan dipimpin oleh perempuan.

"Kita senang banget karena sekarang kita lebih inklusif dari banyak banget kota nggak cuma di Jakarta saja. Terus juga kita senang banget karena 30 persen dari start up leader-nya kita wajibkan perempuan, lebih banyak keterlibatan digital tahun ini," ujar Putri yang turut hadir dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Kemenkop UKM lirik Pahlawan Digital untuk akselerasi UMKM go digital
Baca juga: Ajang Pahlawan Digital UMKM 2022 tetapkan 3 pemenang
Baca juga: Inovasi digital pelayanan PLN raih dua penghargaan internasional

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023