Situbondo (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo yang juga membawahi Bondowoso memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada warga kurang mampu lewat program Listrik Untuk Nyalakan Mimpi.

Dalam keterangan tertulis diterima di Situbondo, Jawa Timur, Rabu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu memberikan bantuan pemasangan listrik pada dua rumah warga miskin di Desa Pejagan, Kecamatan Jambesari Darussholah, Bondowoso.

"Alhamdulillah melalui program Listrik Untuk Nyalakan Mimpi, ada dua rumah warga kurang mampu di Bondowoso yang kami bantu pasang listrik gratis," ujar Manajer PT PLN UP3 Situbondo Eka Panji Saptaprasetya.

Baca juga: Pemkab Trenggalek gandeng PLN kembangkan desa tematik berbasis listrik

Menurut dia, bantuan pemasangan listrik gratis ini merupakan realisasi program Listrik Untuk Nyalakan Mimpi dan program ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang belum memiliki sambungan listrik.

Eka menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang bersumber dari gaji karyawan yang rela dipotong demi kegiatan sosial berupa pemasangan listrik gratis kepada keluarga miskin yang belum memiliki listrik.

"Ini benar-benar kegiatan sosial, karena para karyawan menyisihkan gajinya untuk kegiatan pemasangan listrik bagi warga miskin," kata dia.

Baca juga: PLN Bekasi gelar aksi sosial peringati Hari Listrik Nasional

Ke depan, lanjut Eka, PLN UP3 Situbondo berencana untuk memberikan bantuan pemasangan listrik gratis di beberapa kecamatan di Situbondo, di antaranya Besuki, Panarukan, dan Asembagus.

"Kami berharap melalui pemasangan listrik gratis, taraf hidup masyarakat semakin meningkat karena listrik adalah kebutuhan primer," ujarnya.

Eka menambahkan, pihaknya punya program Listrik Pedesaan, yang menyasar rumah penduduk yang berada di daerah 3T yakni tertinggal, terdepan, dan terluar. Apalagi, di Situbondo ada beberapa daerah yang statusnya 3T.

Baca juga: PLN imbau masyarakat waspadai penipuan

"Kami punya program Listrik Pedesaan, dan sudah berkoordinasi dengan Pemkab Situbondo dan Bondowoso. Harapannya, 3T ini bisa teraliri listrik," kata dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023