Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dilanda bencana angin puting beliung pada Rabu, (25/10) yang mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak pada bagian atap.

"Bencana angin puting beliung tersebut terjadi di Kecamatan Kabandungan dan Parakansalak," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi, Rabu.

Adapun data yang dihimpun dari BPBD, untuk di Kecamatan Kabandungan bencana angin puting beliung terjadi di dua desa yakni Desa Kabandungan dan Tugubandung.

Kejadian bencana angin puting beliung di Desa Kabandungan tepatnya di Kampung Sampalan, RT 028/11 mengakibatkan satu rumah yang dihuni lima jiwa rusak pada bagian atap. Kemudian untuk di Desa Tugubandung tepatnya di Kampung Cisasah, RT 03/08, bencana serupa mengakibatkan satu rumah yang dihuni lima jiwa rusak pada bagian atap.

Sementara, untuk di Kecamatan Parakansalak tepatnya di Kampung Cikawung, RT 02/04, Desa Sukatani, bencana yang terjadi tidak hanya angin puting beliung saja tetapi juga pergerakan tanah yang mengakibatkan satu rumah yang diisi tiga jiwa rusak pada bagian atap dan dinding.

Menurut Sandra, seluruh warga yang terdampak bencana sudah mendapatkan penanganan. Bencana yang dipicu oleh cuaca ekstrem yakni hujan deras disertai angin kencang ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka serta tidak penyintas yang mengungsi.

Di sisi lain, pihaknya mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini yang bisa berubah dengan cepat awalnya cerah tiba-tiba turun hujan deras.

Baca juga: BPBD: Puluhan rumah rusak berat akibat puting beliung di Cianjur

Baca juga: Angin puting beliung landa dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi

Baca juga: BNPB: 312 orang terdampak angin puting beliung di Sukabumi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023