Jakarta (ANTARA) - Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) telah mengambil langkah signifikan dalam komitmennya terhadap keberlanjutan dengan peluncuran RSD Cares Sustainability Framework yang diharapkan memberikan dampak positif pada masyarakat serta lingkungan.

Kerangka kerja itu dipersembahkan kepada rumah sakit Premier RSDH di Indonesia, yaitu RS Premier Bintaro (RSPB), RS Premier Jatinegara (RSPJ), dan RS Premier Surabaya (RSPS).

"RSD Cares adalah komitmen teguh kami terhadap keberlanjutan. Kami berambisi untuk memimpin industri kesehatan ASEAN, dengan mengedepankan karyawan kami, komunitas sekitar, dan kesejahteraan planet kita,” ujar RSDH Group Chief Executive Officer Peter Hong dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: RSDH luncurkan program keanggotaan khusus lansia

RSD Cares bertujuan untuk terus mendorong pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang dan membuat perbedaan yang berarti di dunia.

“Inisiatif ini merupakan komitmen kami terhadap keberlanjutan global dan mengubah atau memberikan penyesuaian terhadap sistem operasi kami di Indonesia," kata Chief Operating Officer RSDH Indonesia Hartono Tanto.

RSDH bertujuan untuk mengambil peran dalam mengurangi risiko iklim dan menjaga planet yang lebih sehat bagi generasi mendatang dengan mempercepat transisi rendah karbon. Inisiatif kunci mencakup penggunaan pencahayaan LED, pemasangan panel surya, peningkatan efisiensi energi, dan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

“Tujuan kami adalah mencapai status bebas emisi karbon pada tahun fiskal 2040. Kami berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengambil keputusan bisnis yang bertanggung jawab sesuai dengan visi keberlanjutan kami,” kata Peter Hong.

RSDH juga berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan kesehatan yang mengedepankan kemanusiaan. Komitmen itu melibatkan advokasi inklusivitas, hak tenaga kerja, mutu klinis, dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

Baca juga: Ramsay Sime Darby Health Care perkenalkan layanan pariwisata medis

Untuk menjangkau komunitas, RSDH secara aktif mendukung berbagai program yang berfokus pada solusi kesehatan preventif dan holistik.

“Kami telah menjangkau satu juta jiwa melalui kegiatan keterlibatan masyarakat pada tahun fiskal 2030, keteguhan komitmen RSDH untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam komunitasnya mencerminkan etosnya, yaitu people caring for people,” kata Peter Hong

Dalam komitmen Tata Kelola, RSDH berusaha untuk mengoptimalkan penciptaan nilai keberlanjutan di pasar industri kesehatan. Ini melibatkan penguatan ketahanan ekonomi, tata kelola perusahaan, pengadaan yang bertanggungjawab, dan inklusi digital. RSDH berkomitmen terhadap keterbukaan, akuntabilitas, dan standar etika.

RSDH telah meluncurkan sebuah inisiatif untuk melengkapi tujuan keberlanjutannya, termasuk hubungan keterlibatan yang kuat dengan pemasok, remunerasi eksekutif terkait ESG, dan strategi terhadap investasi dalam inovasi digital. RSDH juga telah menerapkan kebijakan anti-korupsi dan etika bisnis yang kuat dan bergabung dengan Global Green and Healthy Hospital Network.

Baca juga: RS Premier Jatinegara buka layanan untuk perawatan mata komprehensif

Baca juga: Mengenal metode elastografi hati, lebih mudah dan tidak menyakitkan

Baca juga: OIKN: "Groundbreaking" rumah sakit sampai mal di IKN pekan depan

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023