Hangzhou, China (ANTARA) - Atlet para atletik Indonesia Rica Oktavia melawan rasa sakit dari cedera tumit yang ia derita dan meraih medali perunggu pada nomor lompat jauh T20 putri di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Kamis.

"Alhamdulillah, saya sudah diberi kemenangan. Saya sangat bersyukur atas prestasi ini. Meski saya berlomba dalam kondisi cedera tumit namun saya bersyukur bisa mendapatkan medali," kata Rica di Huanglong Sports Center Stadium, China.

Lompatan terjauh Rica dari enam kali kesempatan adalah 5,14 meter, di lompatannya yang kedua. Sementara, lompatan terpendeknya tercatat sebesar 4,85 meter, di lompatan terakhirnya.

Medali emas di nomor ini diraih oleh atlet Jepang Sonomi Sakai dengan lompatan sejauh 5,37 meter. Tidak hanya meraih emas, Sakai juga mempertajam rekor Asian Para Games.

Sementara medali perak juga diraih kompatriot Sakai, Rio Kawaguchi, yang mencatat lompatan terjauh 5,32 meter.

Baca juga: Saptoyogo sempurnakan perolehan medali emas di APG Hangzhou

Dengan hasil tersebut, maka tim para atletik Indonesia telah mengoleksi sebanyak empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu pada Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Tiga dari empat emas diraih oleh sprinter Saptoyogo Purnomo di nomor lari 400 meter T37, 200 meter T37, dan 100 meter T37. Sementara, satu emas lainnya diraih oleh sprinter Ni Made Arianti Putri di nomor lari 100 m T12.

Tiga medali perak dibawa pulang oleh sprinter Eko Saputra di nomor lari 100 m T12, Suparni Yati di nomor tolak peluru F20, dan sprinter Alfin Nomleni di nomor lari 400 meter T20.

Untuk dua medali perunggu lainnya dari cabang olahraga para atletik didapatkan oleh Jaenal Aripin pada nomor balap kursi roda (wheelchair race) 100 meter T54 putra dan Fauzi Purwolaksono di nomor lempar lembing F57 putra.

Dengan perolehan tersebut, tim para atletik Indonesia semakin dekat untuk menuntaskan target keseluruhan mereka di pentas olahraga untuk atlet disabilitas terbesar di Asia ini. Skuad Para atletik secara keseluruhan memiliki target empat emas, lima perak, dan empat perunggu.

Sementara itu secara keseluruhan kontingen Indonesia sendiri ditargetkan mampu finis dalam 10 besar Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan perolehan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Baca juga: Indonesia kembali di posisi sembilan klasemen Asian Para Games 2022

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023