Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengapresiasi pelaksanaan turnamen sepak bola usia muda untuk U-12 dan U-14 bernama Asiana Cup 2023 karena menurutnya mengambil andil dalam pembangunan sepak bola dari bawah.

"Kita tahu dalam membangun sebuah tim yang baik dan kuat tidak mungkin kita bangun dari atas saja tapi bagaimana U-12 dan U-14 itu menjadi penting. Saya mengapresiasi peran Asiana yang sudah bertahun-tahun punya komitmen itu," kata Erick saat menghadiri pembukaan turnamen yang digelar 26-29 Oktober itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Menurut Erick, kegiatan ini akan membantu penjaringan talenta-talenta muda sepak bola Indonesia yang berpotensi menjadi bintang di masa depan. Selain itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga menilai Asiana Cup 2023 akan menjadi salah satu sarana bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri, mengingat ada wacana FIFA untuk menggelar kejuaraan Dunia U-17 setiap tahun mulai 2026.

"Nah kalau ini benar menjadi kenyataan artinya bahwa ini membuka kesempatan yang luar biasa buat negara-negara seperti Indonesia yang memang sepak bolanya menjadi olahraga nomor satu dan sehingga ini pembangunan secara berlanjut untuk tim muda kita," ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang juga mengapresiasi penyelenggaraan turnamen yang diikuti sebanyak 16 tim dari sembilan negara tersebut.

"Yang hadir (peserta) dari berbagai negara ada 16 tim, ada 9 negara kalau tidak salah. Dan ini adalah cara untuk membiasakan atlet-atlet potensi muda kita terbiasa untuk bertanding lawan negara-negara tetangga dan Internasional. Saya juga berharap kita dapat menemukan pemain muda berbakat yang memiliki potensi untuk menjadi bintang-bintang masa depan sepak bola Indonesia," kata Dito.

Sementara itu, Sergio Espejo sebagai pelatih Cadete B (tim muda RCD Espanyol), salah satu tim peserta Asiana Cup 2023, mengaku senang dapat berpartisipasi.

“Berpartisipasi dalam jenis turnamen seperti ini selalu merupakan peluang untuk terus tumbuh sebagai generasi. Dapat mengkomunikasikan nilai-nilai dan identitas RCD Espanyol ke seluruh dunia adalah suatu kebanggaan,” ucap Sergio Espeja melalui keterangan resmi.

Baca juga: Erick Thohir memberi motivasi para pemain Timnas U-17

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023