Hangzhou, China (ANTARA) - Ganda campuran SH6 Rina Marlina/Subhan tampil dominan untuk mengalahkan pasangan tuan rumah Zeng Qingtao/Lin Shuangbao dan merebut medali emas Para bulu tangkis Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Rina/Subhan memetik kemenangan dua gim langsung 21-17, 21-19 atas pasangan tuan rumah pada pertandingan yang digelar di Binjiang Stadium, China, Kamis. 

Pasangan Indonesia itu sempat unggul jauh dan terlibat dalam reli-reli panjang. Keunggulan itu berhasil diamankan oleh Rina/Subhan hingga interval gim pertama 11-6.

Setelah interval, pasangan China berupaya untuk mengejar ketertinggalan mereka, bahkan hanya terpaut dua poin saja dari Rina/Subhan. Pertandingan pun berlangsung cukup intens, dengan kedua pasangan saling melancarkan reli-reli panjang dan pertahanan yang rapat.

Kedua pasangan saling memberikan serangan dan pertandingan bisa dibilang berlangsung berimbang. Sempat hampir terkejar, Rina/Subhan akhirnya memenangkan gim pertama dengan skor 21-17.

Baca juga: Perjuangan Qonitah berbuah medali perak di final APG Hangzhou

Gim kedua, Rina/Subhan tidak mengendurkan semangat mereka dan terus tampil dominan. Shuttlecock yang ditempatkan oleh wakil Indonesia terbukti membuat Zeng/Ling cukup kewalahan untuk mengembalikan bola dengan akurat.

Unggulan Indonesia itu terus melesat dalam perolehan poin dan kembali merebut interval gim kedua dengan skor 11-6.

Selepas interval, Rina/Subhan tidak kehilangan fokus dan terus mengoleksi angka dengan semangat. Pasangan China semakin tertinggal bahkan hingga 10 poin dari Indonesia di saat-saat kritis.

Kemenangan pun semakin di depan mata, dengan Rina/Subhan akhirnya meraih matchpoint dan memenangkan laga dengan skor 21-19.

Sebelumnya, Para bulu tangkis Indonesia telah menyumbangkan dua perak. Satu perak dipersembahkan oleh Leani Ratri Oktila di nomor tunggal putri SL4 setelah kalah dari wakil tuan rumah Cheng Hefang 21-17, 13-21, 12-21.

Sementara, perak lainnya diraih oleh Qonitah Ikhtiar Syakuroh setelah takluk dari tunggal putri China Xiao Zuxian dengan rubber game, 21-13, 8-21, 14-21.

Baca juga: Leani raih medali perak usai hadapi wakil tuan rumah di APG Hangzhou
Baca juga: Semangat pantang menyerah antarkan Sri raih medali emas


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023