kalau anda sudah jadi the famous content creator (konten kreator yang terkenal), lihat dan rapikan dari sisi kewajiban perpajakan anda
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh konten kreator yang ada di Indonesia untuk rajin membayar pajak demi pembangunan Indonesia yang semakin maju.

"Jadi kalau anda sudah jadi the famous content creator (konten kreator yang terkenal), lihat dan rapikan dari sisi kewajiban perpajakan anda,” kata Sri Mulyani dalam acara Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow 2023 di Jakarta, Kamis.

Sri Mulyani menekankan pajak merupakan kewajiban seluruh warga negara dan tidak boleh untuk dijadikan musuh, mengingat penerimaan pajak akan dikembalikan kembali kepada masyarakat, dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang ekosistem platform digital tumbuh lebih baik lagi.

Misalnya, pembangunan jaringan konektivitas, sehingga penikmat konten di platform digital seperti Youtube yang tinggal di daerah terluar maupun yang tidak memiliki listrik atau internet dapat mendapatkan akses, termasuk audiens yang berasal dari negara lain.

"Kami akan mendukung apapun yang bisa meningkatkan kreativitas, tapi jangan musuhi pajak. Karena pajak adalah untuk Indonesia, Kami bantu dan kita akan siap untuk mendukung secara baik. Itu cara kita untuk mencintai Indonesia selalu menjaga kita karena negara ini adalah milik kita sendiri," ujarnya.

Baca juga: Dirjen Pajak: Perlu reformasi perpajakan guna susul kemajuan teknologi

Selain konektivitas, pemerintah juga akan membantu pembangunan infrastruktur melalui alokasi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk penyediaan sambungan listrik, serta fasilitas publik seperti jalan tol, pelabuhan sampai bandara.

"Semua untuk bisa menghubungkan masyarakat Indonesia dengan digital teknologi dan konektivitas secara digital," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani turut mengharapkan para konten kreator dalam platform digital dapat tetap menjaga sikap yang baik untuk menjaga Indonesia menjadi sebuah negara yang bersatu, berdaulat, adil, makmur serta bermartabat.

Menurut dia, konten-konten yang dibuat berdasarkan pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki konten kreator seharusnya dapat membawa dampak positif, melahirkan kreativitas serta memberikan inspirasi kepada masyarakat.

“Selamat berkarya untuk para konten kreator dan seluruh audiens. Kami semuanya di pemerintah, Kementerian Keuangan siap mendukung agar dunia kreatif dan inovasi terus bisa ditingkatkan,” ujar Sri.

Baca juga: Hipmi bersinergi dengan Kemenkeu tingkatkan literasi perpajakan

Baca juga: Kemenkeu optimalkan Keketuaan ASEAN untuk dorong kerja sama perpajakan

Baca juga: Guru Besar UI: Administrasi pajak kunci kerberhasilan perpajakan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023