Di Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko dan Pasar Srijaya, harga beras jenis medium di kisaran Rp13.000 hingga Rp14.000 per kilogram
Madiun (ANTARA) - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat harga beras di sejumlah pasar tradisional wilayah setempat terpantau masih tinggi yakni mencapai Rp14.000 per kilogram.

"Di Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko dan Pasar Srijaya, harga beras jenis medium di kisaran Rp13.000 hingga Rp14.000 per kilogram. Memang masih tinggi," ujar Kepala Disdag Kota Madiun Ansar Rosidi seusai memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di Pasar Besar Madiun, Kamis.

Harga beras jenis medium tersebut tidak terpaut jauh dengan harga beras premium. Beras premium seperti Wangi, Mentik dan Bengawan mencapai kisaran Rp15.000 hingga Rp16.000 per kilogram.

Selain beras, komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah gula pasir yang mencapai Rp15.000 hingga RpRp16.000 per kilogram. Kenaikan harga beras dan gula pasir tersebut terjadi secara nasional.

"Kalau kenaikan harga gula pasir itu karena produksinya yang menurun sehingga secara nasional, harga gula naik menjadi di atas Rp14.000 per kilogram," kata dia.

Baca juga: Satgas Pangan Kota Madiun pantau ketersediaan bahan pokok di pasar

Baca juga: Daop Madiun layani 174 pembatalan tiket imbas gangguan KA Argo Semeru


Selain itu, harga cabai rawit juga naik hingga lebih dari Rp60.000 per kilogram dari dua pekan lalu Rp35.000 per kilogram.

Pihaknya menyebut kenaikan harga cabai rawit serta beras terjadi juga karena produksi menurun dampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino.

Ansar menjelaskan, pihaknya bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) setiap hari melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok di pasaran. Hal itu dilakukan untuk memonitor kondisi di lapangan agar tidak terjadi gejolak di masyarakat.

Selain itu, pihaknya bersama Satgas Pangan Kota Madiun juga melakukan antisipasi jika ada penimbunan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Selain pemantauan rutin, kita juga siap menggelar operasi pasar dan itu sudah jalan selama ini. Harapannya dengan operasi pasar murah, harga sejumlah komoditas penting tersebut bisa kembali ke harga semula," katanya.

Baca juga: Beras murah SPHP dari pemerintah diminati warga Kota Madiun

Baca juga: Pemerintah Kota Madiun beri subsidi kepada warga dalam pembelian beras

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023