Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Sebuah pohon jenis waru berdiameter 80 sentimeter yang berada di Jalan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), tumbang dan menimpa dua orang pengendara dan menyebabkan luka-luka.

Salah satu saksi mata Budi (50), di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan peristiwa pohon tumbang yang menimpa dua pengendara kendaraan bermotor tersebut, terjadi saat kondisi cuaca sedang cerah.

"Tiba-tiba pohon itu tumbang dan menimpa truk bawa bahan material dan dua sepeda motor," kata Budi.

Budi mengatakan bahwa dua sepeda motor yang tertimpa pohon tersebut dengan nomor polisi N 3641 EAS yang saat itu tengah melintas. Kemudian, sepeda motor lainnya dengan nomor polisi N 4255 EDZ yang saat itu berhenti untuk mengisi bensin eceran.

"Untuk truknya sedang berjalan dari timur ke barat dan kendaraan roda dua lainnya sedang berjalan dari barat ke timur. Kedua pengendara merupakan perempuan," katanya.

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat potensi bencana hidrometeorologi di Jatim

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang Prayitno menyatakan hingga saat ini baru terkonfirmasi satu korban yang mengalami luka-luka akibat tumbangnya pohon jenis waru tersebut.

"Peristiwa di Bandulan, berdasarkan informasi yang saya terima hingga saat ini ada korban luka satu orang," kata Prayitno.

Prayitno menjelaskan BPBD Kota Malang yang mendapatkan laporan peristiwa tersebut kemudian melakukan penanganan dan membersihkan material pohon yang melintang di Jalan Bandulan tersebut. Ia belum mendapatkan data secara rinci terkait peristiwa itu.

"Untuk korban sudah dilakukan penanganan, sudah dievakuasi. Pohon tumbang juga sudah ditangani," katanya.

Sebagai informasi di sebagian wilayah Kota Malang pada Kamis (26/10) diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi dan dilaporkan ada sejumlah area yang mengalami fenomena hujan es. Peristiwa tersebut tidak berlangsung lama dan tidak menyeluruh di wilayah Kota Malang.

Baca juga: Angin kencang berpotensi melanda sejumlah wilayah di Jatim

Ia menambahkan hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah titik di Kota Malang juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang pada empat titik lainnya di kota itu.

Peristiwa pohon tumbang terjadi di Jalan Priyo Sunandar Sudarmo, Jalan Candi Panggung, Jalan Soekarno Hatta, dan di wilayah Mulyorejo. BPBD Kota Malang mengimbau masyarakat untuk bisa melaporkan pohon yang memiliki potensi tumbang akibat keropos.

"Kami sudah meminta mitigasi kepada masyarakat untuk mencatat dan melapor pohon-pohon rawan tumbang ke pemerintah, baik itu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), BPBD dan lainnya," katanya.

Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo mengeluarkan pernyataan untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem pada periode 25-31 Oktober 2023. Ada sejumlah wilayah yang memiliki potensi bencana hidrometeorologi.

Sejumlah wilayah tersebut diantaranya adalah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lumajang, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Blitar, Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Tulungagung.

Baca juga: BMKG prediksi sebagian wilayah Jatim dilanda hujan deras
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023