Kategori siaga artinya Daop 2 Bandung menyiapkan petugas selama 24 jam secara 'shifting' di daerah rawan tersebut
Jakarta (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyiapkan langkah antisipasi menghadapi curah hujan yang semakin meningkat guna mewujudkan perjalanan kereta api yang lancar dan terkendali.
 
Manajer Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan di Daop 2 Bandung terdapat 30 titik lokasi rawan dengan kategori siaga dan 56 titik lokasi rawan dengan kategori waspada.
 
"Kategori siaga artinya Daop 2 Bandung menyiapkan petugas selama 24 jam secara shifting di daerah rawan tersebut. Sementara pada kategori waspada, dilakukan pemeriksaan sewaktu waktu sesuai dengan kondisi pada daerah rawan tersebut," kata Mahendro.
 
Sebagai langkah antisipasi, Mahendro menjelaskan Daop 2 Bandung menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di beberapa titik yang dapat menjangkau lokasi apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.
 
Adapun AMUS ini terdiri dari batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel dan alat siaga lainnya yang telah ditempatkan di 16 titik wilayah Daop 2 Bandung.

Baca juga: Perjalanan KA dari Daop 7 tujuan Jakarta dan Bandung kembali normal

Baca juga: Daop 7 alihkan perjalanan KA tujuan Jakarta dan Bandung ke jalur utara
 
Selain itu, terang Mahendro, Daop 2 Bandung juga menyiagakan petugas di titik-titik daerah perhatian khusus yang tersebar di wilayah Daop 2 Bandung.
 
Petugas tersebut secara bergantian bersiaga selama 24 jam untuk memantau daerah rawan bencana. Para petugas juga dapat langsung melakukan tindakan jika terjadi masalah pada jalur rawan tersebut.
 
Lebih lanjut, Mahendro menyebutkan tindakan antisipasi tambahan dari Daop 2 Bandung adalah dengan menebang pohon yang beresiko tumbang di beberapa wilayah serta pengecekan dan pembersihan maupun normalisasi saluran air di area jalur KA wilayah Daop 2 Bandung.
 
“Kami berkomitmen dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman bagi pelanggan kami,” ujar Mahendro.

Baca juga: KA pengumpan Padalarang-Bandung angkut 5.473 penumpang dalam sepekan

Baca juga: Pemda di Priangan Timur Jabar usulkan KA eksekutif ke Jakarta

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023