Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mengirimkan sebanyak 40 hafidz atau penghafal Al Quran untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Al-Hadist (STQH) Tingkat Nasional XXVII Tahun 2023 di Provinsi Jambi.

"Dengan kepesertaan Maluku pada STQH Nasional XXVII di Provinsi Jambi, kita wujudkan persaudaraan yang kuat serta generasi Qurani yang taat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakan Sadali pada pelepasan 40 penghafal Al Quran, yang ditandai dengan penyerahan bendera. Kontingen Maluku akan diberangkatkan pada 28 Oktober 2023.

Menurut dia, Al Quran diturunkan ke dunia sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam.

Baca juga: Pemkot Jambi wisuda lebih dari 10 ribu penghafal Al Quran

“Al Quran sarat dengan muatan pesan-pesan Ilahi dan mengajarkan hal-hal pokok seperti tauhid, syariah, ibadah, akhlak, moral, dan ilmu pengetahuan," kata Sadali.

Bagi umat Islam, kata dia, Al Quran bukan sekadar untuk dibaca, melainkan juga untuk dipahami, dipelajari, dan diamalkan dalam sikap dan perbuatan sehari-hari.

"Al Quran dijadikan sebagai keutamaan hidup dan sumber inspirasi yang mampu membimbing kita, dalam kedudukan dan fungsi masing-masing, dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara," ucapnya.

Ia mengatakan para penghafal Al Quran tingkat Provinsi Maluku ini telah menjalani pemantapan selama tiga pekan terakhir di Kota Ambon.

Baca juga: Pemkab Agam jamin pendidikan anak penghafal Al Quran hingga PT

"Mereka telah menjalani pembinaan intensif, baik di Ambon maupun di Jakarta, dengan melibatkan pelatih nasional maupun daerah,” tuturnya.

Sekda pun meminta kepada LPTQ Provinsi Maluku agar pembinaan qori dan qoriah tidak hanya fokus pada ibu kota kabupaten/kota semata, tetapi diharapkan lebih menyebar ke kecamatan, kelurahan, dan desa.

“Semua itu kita lakukan untuk memperoleh peserta yang benar-benar berkualitas dan mampu memberikan prestasi terbaik. Kita berhak menaruh harapan agar anak-anak kita mampu mengukir juara nantinya," kata dia.

Baca juga: Bupati Bangkalan berikan penghargaan kepada 1.000 penghafal Al Quran

Hadir pada kesempatan itu Ketua dan Pengarah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Maluku beserta jajaran, para pelatih, pembina kontingen STQH, kontingen STQH, dan unsur terkait lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023