"Kedatangan kami dalam rangka pengawasan Pemilu 2024. Berbagai daerah sudah kami datangi. Dan dari paparan yang disampaikan Polda Maluku, semua sudah jelas,"
Ambon (ANTARA) - Komisi Pemolisian Nasional (Kompolnas) RI meminta Kepolisian Daerah (Polda) Maluku agar dapat mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan baik.

Hal ini disampaikan saat Tim Kompolnas RI mengunjungi Posko Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku yang berada di gedung Command Center, Markas Polda Maluku, Kota Ambon.

"Kedatangan kami dalam rangka pengawasan Pemilu 2024. Berbagai daerah sudah kami datangi. Dan dari paparan yang disampaikan Polda Maluku, semua sudah jelas," kata Ketua Tim Kompolnas RI Albertus Wahyurudhanto, Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, perlu diketahui, ada beberapa pasal dalam Undang-Undang 72 yang mengatur secara tegas tentang Polri. Dalam pasal 306 ayat 2 menyebutkan bahwa Polri dilarang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan dalam kampanye.

“Dalam arti Polri harus netral, sedangkan dalam pasal 35 ayat 5 menyebutkan calon presiden dan calon wakil presiden selama pelaksanaan kampanye boleh diberikan fasilitas kesehatan dan pengawalan oleh Polri," terangnya.

Selain itu, ia mengingatkan, dalam pendistribusian dan pengamanan kotak suara dan peralatan lainnya, KPU dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, dan Polri.

“KPU juga harus bekerja sama dengan Polri dalam mengamankan surat suara dari proses percetakan sampai dengan mendistribusikan ke TPS,” pintanya.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saepudin, secara bergilir memaparkan terkait situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) maupun kejadian-kejadian menonjol di 2023.

Ia juga menyampaikan terkait pola pengamanan, maupun sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Maluku, serta penyelenggara maupun pengawas Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

Kedatangan tim Kompolnas RI dipimpin Prof. Albertus Wahyurudhanto. Ia didampingi H.Muhammad Dewam, Musa Tampubolon, Joko Purwanto, dan Maronna Lamtio.

Kunjungan tim diterima oleh Irwasda Maluku Kombes Pol. Marthin Luther Hutagaol, Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, dan Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Pol. I Gede Arsana.

 

Pewarta: Winda Herman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023